Untuk Kesehatan Gigi Pada Siswa, Baru 30 Persen Yang Dicapai PDGI Pelalawan

Ketua PDGI Pelalawan, Drg Asnar, menyerahkan plakat pada Kadisdik Pelalawan disaksikan Kadiskes Pelalawan.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Dalam persoalan menjaga kesehatan gigi, ternyata baru 30 persen saja para siswa di daerah ini menjaga kesehatan giginya. Padahal persoalan gigi erat kaitannya dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) guna mensukseskan program Bupati Pelalawan yakni Pelalawan Cerdas.

Ini disampaikan oleh Ketua Panitia Acara, Drg Imelda, usai acara gelar sikat gigi massal bagi ratusan siswa  di SD Negeri 004 Bukit Agung Desa Mekar Jaya, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Senin (20/3). Menurutnya, karena hal tersebut Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kabupaten Pelalawan yang menjadi motor dalam kegiatan ini memiliki sejumlah kegiatan guna mencapai target 100 persen.

"Peringatan hari kesehatan gigi dan mulut sedunia yang kita gelar di SDN 004 ini bukan saja untuk membangun kesadaran masyarakat khususnya siswa sekolah dasar dalam meningkatkan  kesehatan giginya, namun juga menjadi media bagi tenaga kesehatan gigi di daerah ini untuk melayani masyarakat. Terjaganya kualitas kesehatan gigi, pada gilirannya nanti akan berkontribusi positif terhadap kualitas kesehatan masyarakat secara umum dan mencegah munculnya penyakit berbahaya lainnya," ujarnya.

Imelda mengatakan bahwa dalam kegiatan ini ada empat program yang diterapkan yakni cara mensikat gigi, mencuci tangan, menjaga kebersihan kantin dan kebersihan toilet. Kegiatan ini merupakan program kerja dari PDGI kabupaten Pelalawan yang merupakan tindak lanjut dari PB PDGI Pusat.

"Apalagi saat ini baru 30 persen di daerah ini para siswanya yang menjaga kesehatan gigi, target kita lima tahun ke depan bisa mencapai 100 persen," tandasnya.

Lanjutnya, untuk hal tersebut sejumlah program kerja dicanangkan oleh PDGI Pelalawan diantaranya dilakukannya penyuluhan oleh tiap puskesmas di daerah ini, pembentukan dokter kecil di sekolah-sekolah serta digelarnya bakti sosial tiga kali dalam tiap tahunnya oleh PDGI Pelalawan. (sam)



Editor    : Andy  Indrayanto
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar