Cegah Karhutla, Polres Pelalawan Gelar Apel Kesiapsiagaan Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla tahun 2024

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM -  Mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan Polres Pelalawan gelar apel kesiapsiagaan penanganan kebakaran Hutan dan lahan. Apel di gelar guna mencegah dan mengantisipasi terjadinya kebakaran Hutan dan lahan di wilayah kabupaten Pelalawan. Apel pencegahan  kebakaran hutan dan lahan tahun 2024 berlangsung di Halaman Mapolres Pelalawan, Sabtu ( 27/7/ 2024).

Apel dipimpin oleh Bupati Pelalawan H. Zukri Misran, SE didampingi Kapolres Pelalawan AKBP Afrizal Asri, S.I.K. Dan dihadir Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan  Baharuddin, SH.,MH, Dandim 0313 yang diwakili oleh Pabung 0313 KPR KAPTEN ARH Sugiyono, Kasatpol PP yang diwakili oleh Kabid Trantibum Yandi, Kepala Damkar Kabupaten Pelalawan yang diwakili oleh Kabid Pencegahan  Sukriawan, Perwakilan Perusahaan PT. RAPP, PT. Musim Mas, PT. Adei , PT.Arara Abadi PT, Gandaerah Hendana,
Pejabat Utama, Kapolsek dan Personil Polres Pelalawan.

Hadir juga pada apel tersebut personil Gabungan yang mengikuti Apel antara lain
personil TNI, Satpol PP / Damkar, BPBD, Balai TNTN , DLHK Kehutanan kabupaten Pelalawan.

Apel kesiapsiagaan di laksanakan mengingat kondisi cuaca BMKG bahwa sebagian wilayah di provinsi riau sudah memasuki musim kemarau, hal itu ditandai dengan peningkatan suhu udara serta munculnya titik panas serta kebakaran lahan di beberapa wilayah  kabupaten Pelalawan.

Dalam amanatnya Bupati Pelalawan H. Zukri Misran, SE menyampaikan bahwa saat ini di Provinsi Riau khususnya Kabupaten Pelalawan Telah memasuki musim kemarau hal tersebut di rasakan dengan suhu udara yang cukup tinggi sehingga memicu munculnya Titik panas yang terpantau di beberapa kecamatan bahkan terjadi kebakaran lahan.

"Untuk mencegah agar tidak terjadi karhutla maka kita perlu bersinergi dan koordinasi yang baik antara pemerintah daerah masyarakat dan kalangan Perusahaan dalam  merespon terjadinya karhutla sehingga Bencana kebakaran hutan dan lahan dapat segera di cegah dan di tangan dengan cepat tak lupa mari kita sama sama berdoa agar kabupaten Pelalawan terhindar dari bencana Karhutla," terang Zukri.

Kapolres Pelalawan AKBP Afrizal Asri, SIK dalam amanatnya menyampaikan, Penanganan Karhutla tidak bisa di tangani secara sendiri melainkan harus di laksanakan secara sinergi atau bersama, baik Polri, TNI, Pemerintah daerah, masyarakat peduli api dan Perusahaan.

"Kondisi Medan dan alam serta posisi lokasi karhutla yang cukup jauh menuntut kita harus bekerja keras bahu-membahu dalam menanggulangi karhutla yang dapat terjadi kapan saja," terang Kapolres.

Di tambahkannya "Untuk itu mari kita bekerja sama dalam memberi edukasi kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, membuka lahan dengan cara membakar, selain dapat merusak ekosistem juga berakibat memburuknya kualitas udara yang yang di butuhkan oleh manusia, untuk itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat hentikan membuka lahan dengan cara membakar," tegas Kapolres Pelalawan.

Usai Apel kesiapsiagaan Pencegahan dan penanggulangan Karhutla, Bupati Pelalawan H. Zukri Misran, SE bersama Kapolres Pelalawan AKBP Afrizal Asri, SIK melakukan Rapat Koordinasi lintas sektoral dan melakukan pemeriksaan kesiap siagaan sarana dan Prasarana alat pemadam kebakaran yang siap di gunakan sewaktu waktu terjadi karhutla. (**)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar