Mengawal UUD '45 dan Pancasila, PETA Pelalawan Gelar Rapat Perdana

Int.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Dengan latar belakang mendukung gerakan moral dan pemikiran intelektual di bidang ipoleksosbud, organisasi massa Pembela Tana Air (PETA) di Kabupaten Pelalawan terbentuk pada Kamis (13/10).

Dalam rapat perdana PETA yang digelar di Kopi Tiam, jalan Lintas Timur itu, Ketua Harian Peta Kabupaten Pelalawan, Riswan Daulay, menjabarkan sejumlah hal mendasar terkait pembentukan Ormas Peta pada jajaran pengurus yang baru terbentuk.

"Saat ini, kita memang belum memiliki SK Kepengurusan dari Panglima Besar Peta di Jakarta. Secepatnya jika SK pembentukan Peta di kabupaten Pelalawan ini sudah ada, kita akan laporkan keberadaan kita ke Kesbanglinmaspol," terangnya.

Riswan menjelaskan bahwa keberadaan Peta di kabupaten Pelalawan ini adalah bertujuan sebagai sebuah wadah gerakan untuk menyampaikan aspirasi rakyat kepada pemerintah, dengan memberi saran dan masukan serta kritikan bila ada kebijakan pemerintah maupun elit politik yang keluar dari garis Pancasila dan UUD 1945.

"Tak hanya itu, kita juga akan ikut dalam pengawasan dana APBN dan APBD serta kebijakan pejabat publik, juga menjaga lembaga adat istiadat daerah yang kita cintai ini," kata Daulay seraya mengatakan bahwa ormas ini independen, bukan organisasi politik atau pun bagian dari golongan atau aliran organisasi politik manapun.

Sedangkan untuk visinya sendiri, sambungnya, adalah Mengawal Pelaksanaan Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila, serta menjamin pelaksanaan pasal 33 ayat 1,2 dan 3 UUD 1945. Penjabaran visi ini diterjemahkan dalam lima misi yakni negara harus mengelola kekayaan alam demi kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran seluruh warga negara Indonesia.

"Kemudian melakukan pembangunan ekonomi negara dengan system Koperasi, pembangunan SDM secara terus menerus, mencetak kader pemimpin baik lokal, nasional bahkan Internasional yang berjiwa Pancasilais, mempertahankan SDA Indonesia sesuai amanah UUD 1945, dan mempertahankan adat istiadat, kebudayaan serta kearifan lokal sesuai dengan daerah masing-masing," ungkapnya.

Ke depan, lanjutnya, sejumlah program akan digelar sebagai bentuk sosialisasi keberadaan ormas Peta ini di Kabupaten Pelalawan. Pihaknya juga akan turut serta dalam memberdayakan SDM di daerah ini, sebagai bentuk dukungan pada visi dan misi kabupaten.

"Kita akan terlibat atau melibatkan diri dalam pencegahan penyakit masyarakat yang makin marak di daerah ini," ujarnya.

Ditambahkannya, pihaknya berharap dengan kehadiran ormas Peta di Kabupaten Pelalawan, bisa diterima kehadirannya serta didukung oleh pihak-pihak terkait. Karena ormas Peta juga bertujuan mendukung pembangunan di Kabupaten Pelalawan yang dicintai ini. (tha)



Editor    : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar