BSP Kembali Raih TOP BUMD Awards Bintang 5

JAKARTA - PT Bumi Siak Pusako (BSP) kembali meraih penghargaan TOP BUMD Awards Bintang 5 dalam ajang TOP BUMD Awards 2024 yang berlangsung di Ballroom Hotel Raffles Jakarta, Rabu (20/3/24). Selain itu, Bupati Siak Alfedri dan Direktur BSP Iskandar juga mendapat penghargaan, yakni sebagai TOP Pembina BUMD dan TOP CEO BUMD.

Penghargaan bergengsi ini merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan atas kinerja dan kontribusi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional. Acara yang di selenggarakan Majalah Top Bussiness dengan mengusung tema "Penguatan Tata Kelola Dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD".

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai BUMD di seluruh Indonesia, serta pejabat tinggi pemerintah pusat dan daerah. Dari total 215 BUMD yang mengikuti proses penilaian, BSP berhasil meraih predikat bintang 5 dan mendapatkan 3 penghargaan sekaligus.

Direktur BSP Iskandar menyampaikan, pihaknya tak berpuas diri, kedepannya akan terus berbenah membawa BSP lebih baik lagi. Dan tentunya anugerah penghargaan ini akan pacu semangat BSP untuk berkontribusi membawa maslahat bagi Riau khususnya hingga nasional.

"Semoga Allah meridhoi langkah kami ke depan, terima kasih atas dukungan dari seluruh masyarakat, stakeholder dan juga para shareholder BSP," ungkap Iskandar.

Sementara itu, Corporate Secretary BSP Ardian Ardi mengatakan bawah penghargaan ini adalah bukti kepercayaan masyarakat terhadap reputasi kinerja BSP. Tentunya, kata Ardian, anugerah ini tidak lepas dari kemampuan atas kinerja yang diraih selama ini.

“Ini menjadi tantangan sekaligus peluang dengan harapan bisa memperoleh kinerja usaha yang lebih besar lagi ke depan dari kemampuan mengelola sumber alam yang ada di daerah,” ujar Ardian.

Penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen BSP dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang baik, meningkatkan kinerja bisnis, dan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

Acara ini juga dihadiri langsung oleh, Kabag Administrasi Perekonomian Kabupaten Siak Iwan Andrenika Rizani yang mewakili Bupati Direktur PT. Bumi Siak Pusako Iskandar dan Corporate Secretary Ardian Ardi.

Ketua Penyelenggara Top BUMD Awards 2024, M. Lutfi Handayani menjelaskan bahwa acara Top BUMD Awards 2024 diikuti oleh 215 BUMD dari total sekitar 1.133 BUMD di Indonesia. “Angka 215 tersebut merupakan jumlah yang mengikuti seleksi secara lengkap hingga wawancara dengan Dewan Juri Top BUMD Awards 2024,” ungkapnya.

Berdasarkan data, jumlah BUMD di Indonesia saat ini ada 1.133 BUMD yang tersebar di 546 pemerintah daerah. Dari jumlah tersebut, ada 1.084 BUMD yang aktif dan 49 tutup sementara. BUMD tersebut terdiri atas Bank Pembangunan Daerah (BPD), BPR milik Pemda, BUMD air minum, BUMD agro, BUMD migas, BUMD pasar termasuk pariwisata serta aneka usaha lainnya.

Lutfi menyebutkan kegiatan ini sejalan dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah No 54 tahun 2017 tentang BUMD pasal 7 dan pasal 8, bahwa pengelolaan BUMD harus didasarkan pada tata kelola perusahaan yang baik.

“Jika GCG dan inovasi ditularkan ke semua BUMD, mudah-mudahan nanti semakin banyak BUMD-BUMD yang top, BUMD-BUMD yang hebat, yakni BUMD-BUMD yang terus melakukan inovasi dan perbaikan dalam pengelolaan usahanya. Mudah-mudahan perekonomian di daerah maupun tingkat nasional terus tumbuh berkelanjutan,” ujarnya. (Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar