Alfedri Sebut, Mandi Belimau Besamo di Pinang Sebatang Terbesar di Siak

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Bupati Siak Drs. Alfedri, M.Si menyebutkan bahwa acara Mandi Belimau Besamo atau Petang Megang di Pinang Sebatang merupakan acara mandi belimau tebesar di Kabupaten Siak. Hal itu disampaikan Alfedri saat memberikan sambutan pada acara Mandi Belimau Besamo di lapangan Pujasera  Kampung Pinang Sebatang Kecamatan Tualang, Senin (11/3/2024).

Menurutnya, kegiatan mandi belimau merupakan budaya yang sifatnya religius. "Saya hadir kesini bukan hanya waktu bupati aja, waktu camat saya sudah ikut prosesi mandi belimau. Hari ini, banyak melaksanakan mandi belimau besamo, tapi ini paling besar dan ramai," jelas Bupati.

Dijelaskannya, bahwa dirinya sangat mencintai Kecamatan Tualang ini, maka hadiri di kota industri. "Saya merasa bagian di Kecamatan Tualang, ini karena cinta, makanya datang kesini," kata bupati.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kampung dan masyarakat karena sudah menjaga tradisi secara turun temurun. Helat bersuci sebelum ramadhan. Kita disunakan untuk saling memaafkan satu sama lain, tetangga, suami istri untuk saling memaafkan.

"Mari kita persiapkan diri untuk menyambut ramadhan, sucikan hati dan diri untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Ini bulan terbaik untuk kita, kita sudah dipertemukan dibulan ramadhan semoga diberikan keberkahan dibulan ramadhan ini," ujarnya.

Bupati menyebutkan, bahwa event potang belimau di Pinang sebatang akan dijadikan event kelender wisata ditahun mendatang.
"Kita sangat serius mengembangkan wisata di setiap daerah, jadi saya minta seluruh masyarakat Pinang Sebatang untuk memasarkan wisata sehingga orang datang untuk berkunjung ke Pinang Sebatang. Ini akan menggerakan ekonomi masyarakat, mari sama-sama kita mempromosikan kegiatan ini," jelas bupati.

Penghulu Pinang Sebatang Arizal mengatakan, potang mandi belimau merupakan agenda tahunan setiap menyambut datangnya bulan suci ramadhan. "Ini agenda tahunan, yang disuport oleh Pemkab Siak melalui anggaran yang telah disiapkan. Jadi saya ucapkan terima kasih kepada bapak Bupati Siak Drs. Alfredri dan H. Arwin AS mantan Bupati Siak yang telah mensupport acara ini," jelasnya.

Ketua Panitia Mandi Belimau Besamo Kampung Pinang Sebatang Zainal Abidin mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati Siak yang telah hadir ke acara setahun sekali dalam helat sucikan hati sambut bulan yang penuh berkah.

"Ini tidak lepas dari dukungan kepala kampung selaku pembina pemuda dan masyarakat serta dukungan pihak ketiga, sehingga acara mandi belimau besamo rutin dilakukan setiap tahunnya," jelas Zainal didampingi Sekretaris Panitia Rian Pramana. (Infotorial/Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar