Buka Mandi Balikau Basamo, Bupati Zukri Sebut Jangan Terlantarkan Anak Yatim

PELALAWAN - Mandi balimau bukan hanya sekadar mandi untuk membersihkan badan saja, tetapi yang paling penting adalah membersihkan hati. Hal ini disampaikan Bupati Pelalawan H.Zukri, SE saat membuka secara resmi mandi Balimau Basamo di Sungai Kapojan Desa Sungai Buluh Kecamatan Bunut, Sabtu (9/3/2024).  

Bupati Zukri mengatakan, tujuan dari mandi balimau adalah sangat baik, karena dengan adanya mandi balimau kita bisa bersilaturahmi, punya kesempatan berjumpa dengan keluarga, tetangga, sahabat yang biasanya tak dapat berjumpa  menjelang ramadhan, kini dengan adanya mandi balimau jadi berjumpa, mana ada yang berbuat salah dapatlah untuk bermaaf-maafan.

Bupati Zukri menambahkan, bahwa mandi balimau bukan hanya sekadar mandi untuk membersihkan badan saja, tetapi yang paling penting adalah membersihkan hati, karena orang yang hatinya bersih menghadapi bulan suci ramadhan, insya Allah, Allah berikan maffiroh kepadanya, ampunan.

"Kalau ada yang sakit hati, kalau ada yang luka-luka hatinya, mudahan-mudahan selesai dengan mandi balimau pada sore ini," ujar Zukri.

Zukri melanjutkan, hidup ini adalah tentang kebaikan, apalagi mau memasuki bulan suci ramadhan, untuk itu marilah banyak-banyak berbuat baik, menolong sifakir, menolong simiskin. Siapkanlah dari sekarang sedekah terbaik, karena dibulan ramadhan semuanya dilipat-gandakan oleh Allah, jangan ada dibulan puasa ini simiskin yang susah hidupnya tidak bisa berbuka dengan nikmat, seperti nikmatnya kita berbuka.

"Disamping itu, jangan sampai ada anak yatim yang terlantar, untuk itulah Pemerintah Kabupaten Pelalawan saat ini telah menyantuni anak yatim se-Kabupaten Pelalawan sebanyak 5.300 pada tahun 2023 yang lalu, dimana setiap bulannya setiap anak yatim mendapatkan 250.000 rupiah per orang, setahun jumlahnya 3 juta rupiah, dari jumlah 5.300 anak yatim itu, termasuklah anak yatim yang ada di desa sungai buluh," kata Zukri.

"Jadi jangan sampai ada anak yatim yang terlantar, karena meyantuni anak yatim adalah mimpi saya, mimpi supaya kita betul- betul bisa menjalankan perintah Allah, menjalankan perintah alqur’an,  supaya kita memperhatikan anak yatim, memperhatikan orang fakir, dan simiskin. Pesan saya mari kita sama-sama saling bantu dan saling tolong disisa hidup kita, apalagi sekarang semuanya diperhatikan oleh Pemerintah, walalapun jabatan saya hanya 3.5 tahun, tapi alhamdulillah ini bisa  terlaksanakan, makanya kita harus bangga menjadi warga Kabupaten Pelalawan, karena Pelalawan, satu-satunya Kabupaten yang menjamin memberikan santunan untuk anak yatim," tegas Bupati Zukri.

Program lainnya yang disampaikan Bupati Zukri adalah berobat gratis hanya pakai KTP, "Jadi jangan ada lagi masyarakat kita yang tidak bisa berobat di karenakan tidak punya biaya. Kepada pak kades dan perangkat lainnya jangan sampai ada warga yang tidak bisa berobat, dikarenakan tidak memiliki uang, sekali lagi jangan ada bahasa tidak ada duit untuk berobat di Kabupaten Pelalawan, karena jika ada masyarakat yang sakit, tinggal kerumah sakit tunjukan KTP maka berobatnya gratis. Berobat gratis ini disemua rumah sakit bisa, baik rumah sakit pemerintah maupun swasta, didalam maupun diluar Kabupaten Pelalawan," jelas Bupati.

Bupati menambahkan, Selanjutnya ada program pupuk, yang belum dapat daftar cepat, kalau memang belum dapat karena kerjanya yang lain, akan mendapatkan bantuan yang lain, karena tahun ini ada yang dapat pupuk ada juga yang dapat bantuan angkong, bantuan akan didapat setiap tahunnya, tahun ini akan ditambah lagi jumlah penerima dari tahun sebelumnya.

"Maka bagi yang belum dapat silakan daftar, bahkan nanti masyarakat petani akan diberikan BPJS tenaga kerja, sehingga dalam melakukan pekerjaan ada jaminan dari BPJS ketenagakerjaan jika terjadi kecelakaan kerja, termasuk juga yang bekerja sebagai buruh," tutup Bupati mengakhiri sambutannya. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar