Donor Darah Massal ke-66, KDD Riau Kompleks Kumpulkan 1.071 Kantong Darah

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Keluarga Donor Darah (KDD) Riau Kompleks PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) kembali melaksanakan kegiatan donor darah, Sabtu (24/2/2024), di Hotel Unigraha, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Warga Riau Kompleks sangat antusias mengikuti donor darah massal ke-66 ini.

Warga datang silih berganti sejak pagi hari penyelenggaraan dan langsung mengikuti antrean dengan tertib untuk mendonorkan darahnya. Total warga yang mengikuti kegiatan ini mencapai 1.171 orang.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) ini berhasil mengumpulkan total 1.071 kantong darah, dimana 1.031 kantong disalurkan kepada Unit Donor Darah (UDD) PMI Pekanbaru dan 40 kantong kepada UDD PMI Pelalawan.

Acara ini diapresiasi oleh jajaran manajemen RAPP. Seperti dikatakan Deputy Pulp BU Head Hendra Tri Purnawan, bahwa donor darah adalah kegiatan yang mulia. Satu tetes darah sangat bermanfaat, bukan hanya bagi penerima, namun juga bagi si pendonor.

"Selain itu, kita sebagai perusahaan juga punya prinsip 5C, salah satunya adalah good for community (komunitas). Dengan donor darah ini, kita sebagai warga Riau Kompleks RAPP bisa membantu mendukung ketersediaan darah bagi yang membutuhkan," jelas Hendra di sela-sela antrean donor darah.

Semangat kepedulian untuk sesama adalah bukti nyata bahwa perusahaan memberikan dampak positif dalam komunitas dan mewujudkan semangat kemanusiaan.

Sementara itu, Ketua KDD Riau Kompleks Nurul Azmi menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah rutin digelar di Riau Kompleks. Dalam setahun bisa tiga hingga empat kali.

"Kali ini adalah yang ke-66. KDD Riau Kompleks bekerjasama dengan PMI dalam pemenuhan kebutuhan darah demi kemanusiaan. Kita sangat senang dengan antusiasme warga mendonorkan darahnya. Itu bukti bahwa semangat untuk membantu sesama sudah tertanam dalam hati warga Riau Kompleks," sebut Azmi.

Dia juga menceritakan bukti antusiasme warga yang sangat tinggi bisa terlihat saat acara belum dimulai, warga sudah ramai datang ke lokasi donor darah. Selain itu, semua warga juga mengikuti antrean dengan sangat tertib. Panitia menyediakan 44 kursi donor untuk memperlancar proses pengambilan darah.

"Kita umumkan acara donor darah dimulai pukul 08.00 WIB pagi. Ternyata di pukul 06.30 WIB sudah banyak yang datang, karena sangat bersemangat," jelas pria yang memang gemar dengan kegiatan sosial ini.

Senada dengan itu, tim panitia dari PMI Pekanbaru dr. Nia Permatasari juga mengungkapkan bahwa antusiasme warga Riau Kompleks terhadap donor darah sangat membanggakan. "Seperti biasa, peserta sangat banyak. Kita sangat bangga dengan kesadaran tinggi warga Riau Kompleks untuk membantu sesama. Dengan donor darah ini stok darah di PMI sangat terbantu," sebutnya.

Tak lupa dr. Nia mengapresiasi totalitas panitia KDD Riau Kompleks yang sangat supportif sejak jauh-jauh hari hingga hari H kegiatan donor darah ke-66. Dia juga berterimakasih kepada jajaran manajemen RAPP yang mendukung hingga kegiatan donor darah ini bisa rutin digelar.

Salah satu karyawan yang menjadi pendonor darah, Azman Hanifan mengaku sangat bersemangat mengikuti donor darah massal di Riau Kompleks. "Vibenya positif banget. Banyak yang hadir untuk donor darah. Saya mau donor karena bagus untuk kesehatan. Bangga bisa menyumbangkan darah untuk warga yang membutuhkan," sebut pemuda energik yang bekerja di bagian instrument RPE ini.

Dia juga mengapresiasi ketertiban di lokasi kegiatan, sehingga antrean berjalan lancar walau jumlah peserta mencapai ribuan orang. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar