KPU Pelalawan Tetapkan Zukri-Nasarudin Jadi Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan Terpilih

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Dalam Rapat Pleno Terbuka yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pelalawan Riau di Gedung Daerah Laksamana Mangkudiraja, Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 2 Zukri-Nasarudin ditetapkan sebagai pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, Jumat (22/01/2021). 

Pleno dipimpin langsung Ketua KPU Pelalawan Wan Kardiwandi didampingi empat komisioner lainnya. Tampak hadir juga Bupati HM Harris dan Wabup Zardewan bersama unsur Forkopimda lainnya serta beberapa pimpinan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Sementara Paslon Zukri-Nasarudin hadir dan duduk di kursi Paslon nomor urut 2 yang disiapkan KPU. Sedangkan tiga Paslon lainnya Abu Mansur Matridi-Habibi nomor urut 1, Husni Thamrin-Tengku Edy Sabli nomor 3, dan Adi Sukemi-Muhammad Rais nomor 4 tidak hadir dalam pleno penetapan ini.

Padahal KPU telah melayangkan undangan kepada mereka. Kursinya tampak kosong sejak awal dimulainya acara hingga berakhir.
Ketua KPU Wan Kardiwandi membacakan hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam menetapkan Zukri-Nasarudin sebagai bupati dan wakil bupati terpilih.

Mulai dari hasil pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada 9 Desember, surat tanda register dari Mahkamah Konstitusi (MK) tentang sengketa Pilkada, hingga surat pemberitahuan dari KPU pusat kepada KPU daerah yang tak ada perselisihan agar menggelar pleno penetapan.

"Memutuskan dan menetapkan Paslon nomor urut 2 Zukri-Nasarudin sebagai Paslon terpilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan tahun 2020," tegas Wan Kardiwandi saat membacakan Surat Keputusan.

Selanjutnya komisioner KPU Pelalawan menyerahkan berita acara rapat pleno penetapan Paslon pemenang Pilkada kepada Zukri-Nasarudin.

Menurut Wan Kardiwandi, SK penetapan Paslon terpilih itu akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan untuk memproses pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih. Pemda yang akan mengurus tahapan selanjutnya sesuai dengan prosedur birokrasi.

"Tahapan Pilkada selesai sampai di pleno penetapan ini. Selanjutnya Pemda yang akan mengurus pelantikan Paslon terpilih," tandasnya. 

Acara berjalan lancar tanpa ada hambatan yang berarti dengan pengawalan ketat petugas dari kepolisian, TNI, dan Satpol-PP.  (Sam) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar