DPMTSP Rohil Sosialisasi Implementasi Pengawasan Perizinan Berbasis Resiko

Bimtek dan Sosialisasi Perizinan Berbasis Resiko

Rohil,(RBC) Pemerintah telah menerapkan pelayanan satu pintu mengembangkan perizinan berusaha berbasis resiko melalui sistem Online Single Submission (OSS) melalui sosialisasi Bimtek

Dengan adanya OSS, pengurusan perizinan semakin mudah seperti  izin  lokasi, lingkungan dan bangunan maupun izin operasional untuk kegiatan usaha baik ditingkat pusat ataupun daerah.

"OSS adalah pintu  gerbang atas semua perizinan lain Contohnya, izin Ekspor Import, TKDN, SNI dan izin lainnya," Kata Rahmad L Dian, narasumber dari Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM- PTSP)

Kegiatan Bimtek dengan tema "Sosialisasi Implemenatasi Pengawasan dan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko"  Rabu (13/12/2023) di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Dikatakan Rahmad, setiap pelaku usaha harus menginput berkas persyaratan melalui sistem OSS untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Dengan terbitnya NIB, maka SIUP, TDP. HO dan SITU tidak berlaku lagi.

Sedangkan Untuk dasar hukum pengurusan izin usaha adalah UU Nomor 26 tentang cipta kerja sudah disyahkan pemerintah baru baru ini.

"Dalam OSS ada juga Angka Pengenal Impor dan setiap badan usaha harus memiliki NIB. Satu usaha harus punya satu NIB," cetusnya.

Menurutnya, dalam kolom Nomor Induk Berusaha (NIB) akan muncul kode Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yakni klasfikasi kegiatan baik berupa barang dan jasa.

Sementara itu, tempat sama,  Kepala DPM- PTSP Provinsi Riau Joko Priatmoko mengatakan,  setiap kegiatan usaha akan selalu diawasi minimal satu kali dalam setahun untuk penilaian kepatuhan pelaku usaha. Baik itu kepatuhan tekhnis maupun kepatuhan administrasi.

"Pengawasan tersebut itu juga merupakan tanggung jawab pelaku usaha terkait nilai standar dan usaha," tutup Joko

Sebagaimana diketahui, program Bimtek ini diperuntukkan peserta yang bergerak dibidang pabrik kelapa sawit dan Perkebunan. Acara ini juga dihadiri Asisten III Ali Asfar. ,Kadis DPMSTP  Cici Sulastri dan Kabid Disperindagsar Nasrullah (Rls) Diskominfotik Rohil 

Syofyan Rambah 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar