Langgam Raih Peringkat Pertama Apresiasi Desa Wisata Riau 2023

Ketua Dewan Juri Apresiasi Desa Wisata 2023 tingkat Provinsi Riau, Dr Ir Eni Sumiarsih, menyerahkan thropy kepada Ketua Pengurus Desa Wisata Langgam, M Nurul Hadi Akbar, akhir pekan lalu. Langgam meraih peringkat pertama untuk kategori souvenir pada perlo

PELALAWAN, RIAUBERNAS - Kelurahan Langgam menerima anugerah Peringkat I Kategori Soevenir sebagai desa wisata pada sebuah kegiatan perlombaan Apresiasi Desa Wisata 2023 yang diseleggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau. Pemberian anugerah tersebut dilaksanakan di kawasan Riau Garden Pekanbaru, akhir pekan lalu.

Kelurahan Langgam merupakan daerah operasional EMP Bentu Limited dan terwujudnya Desa Wisata Langgam merupakan bagian dari Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) perusahaan migas yang beroperasi di Kabupaten Pelalawan, Riau, tersebut.

Informasi yang diperoleh dari pantia penyelenggara, penentuan pemenang desa wisata tersebut dinilai dari lima kategori yakni Daya Tarik Pengunjung, Homestay dan Toilet, CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, Lingkungan) dan Kelembagaan dan Kategori Souvenir serta Kategori Digital Kreatif.

Pada Kategori Souvenir, peringkat pertama diraih oleh Desa Wisata Langgam, Kabupaten Pelalawan yang merupakan binaan EMP Bentu Limited. Sementara Desa Wisata Kedabu Rapat yang terletak di Kabupaten Kepulauan Meranti meraih peringkat kedua.

Penilaian tersebut dilakukan oleh lima dewan juri yakni Ketua Dewan Juri Dr. Ir. Eni Sumiarsih dari Sekolah Tinggi Pariwisata (Stipar) Riau, master asesor Osvian Putra dan praktisi di bidang kuliner Alfa Frisa. Kemudian ada juga juri di bidang digital kreatif yakni Megi Irawan dan juri kehormatan Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat.

Tropy penghargaan diserahkan oleh Dr Ir Eni Sumiarsih dan diterima oleh Ketua Desa Wisata Langgam, M Nurul Hadi Akbar. Ia hadir bersama sejumlah pengurus lainnya yakni Desi Novianti, Desi Novianti dan Kasmawati serta Sespi Widasarandi.

Area Manager EMP Bentu Limited, Yoyok S Purwanto turut memberikan apresiasi atas keberhasilan Langgam meraih peringkat pertama untuk kategori souvenir Desa Wisata 2023 tingkat Provinsi Riau.

“Semoga dengan penghargaan ini akan memotivasi pengurus desa wisata menjadi lebih baik dan kreatif sehingga potensi-potensi wisata di Langgam semakin dikenal orang. Perusahaan juga akan terus melakukan pendampingan kepada pengurus melalui kegiatan Program Pemberdayaan Masyarakat,” ujar Yoyok. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar