Beri Rasa Aman Pada Masa Kampanye

Polres Pelalawan Gelar Apel Kesiapan Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023 - 2024 Tahap II

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Polres Pelalawan Gelar Apel Kesiapan Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023 - 2024 tahap II (dua) dalam rangka Pengamanan Kampanye Pilleg dan PilPres 2023-2024. Apel gelar pasukan berlangsung di halaman apel Mapolres Pelalawan, Selasa (28/11/2023).

Apel Gelar Pasukan dipimpin oleh Wakapolres Pelalawan Kompol Dwi Yatmoko, STP, S.IK, M.IK. dan di Kuti Pejabat utama Kapolsek, Perwira dan Personil Polres Pelalawan.

Dalam amanatnya, Waka Polres Pelalawan Kompol Dwi Yatmoko, STP, S.IK, M.IK. membacakan amanat Kapolres Pelalawan Akbp. Suwinto.SH.SIK, Bahwa Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024 dilaksanakan selama 222 hari sejak 19 oktober 2023 hingga 20 oktober 2024 dengan melibatkan 261.695 personel di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan jalannya pemilu.

Dalam hal ini, Polres Pelalawan juga telah membentuk pola pengamanan sistem wilayah atau zonasi bagi personel Polres Pelalawan yang terbagi dalam 3 zonasi. Bukan hanya itu, Polres Pelalawan juga telah menyiapkan sebanyak 70 (Tujuh Puluh) personel untuk pengamanan Operasi Mantap Brata Tahap II masa kampanye dan telah menyiapkan 1(satu) Kompi kerangka sebagai pasukan Power On Hand Kasatwil yang siap dimobilisasi kapanpun dan dimanapun ke seluruh wilayah Kabupaten Pelalawan.

Sebagai dukungan terhadap Operasi Mantap Brata 2023-2024, Polres Pelalawan juga telah menggelar Operasi Nusantara Cooling System 2023-2024. Operasi ini dilaksanakan untuk membangun narasi besar bahwa persatuan dan kesatuan, serta kemajuan bangsa di atas kepentingan pribadi atau kelompok. Operasi ini juga diperlengkapi dengan Satgas anti Money Politics dan Satgas Pemilu Damai untuk mengantisipasi terjadinya polarisasi akibat berita hoaks, isu sara, propaganda firehose of falsehood dan black campaign.

"Operasi mantap brata 2023-2024, tentunya diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas Kamtibmas pada pemilu 2024, serta agar masyarakat mengetahui berbagai upaya pengamanan yang telah kita lakukan," ujar Waka Polres.

Lanjutnya,  Bagi wilayah yang tergolong memiliki kerawanan tinggi dan sangat rawan, segera lakukan langkah antisipasi. Sedangkan bagi wilayah lainnya, jangan underestimate dengan tetap mempersiapkan pengamanan sebaik mungkin. Terus lakukan mapping potensi konflik sosial secara detail di wilayahnya masing-masing dan selesaikan potensi konflik tersebut hingga ke akar masalah.

Apabila terdapat konflik yang sudah mengganggu pelaksanaan masa kampanye dan stabilitas kamtibmas, maka pastikan penggunaan kekuatan dilakukan secara tepat sesuai sop dengan memegang teguh asas proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas serta Nesesitas. Khusus terkait bencana alam, koordinasikan dengan tni, bnpb, bmkg, basarnas dan stakeholder lainnya guna memetakan daerah rawan, sehingga bencana dapat dimitigasi.

"Terorisme juga harus menjadi perhatian serius, serangan dan teror, ini tidak boleh terjadi di pemilu 2024. Terlebih saat ini tengah terjadi perang antara Palestina dengan Israel, dimana hal ini dapat berdampak terhadap situasi di Indonesia umumnya dan Kabupaten Pelalawan khususnya," trgasnya.

Mengakhiri amanatnya, Waka Polres Pelalawan Kompol Dwi Yatmoko, STP, S.IK, M.IK. menyampaikan, "terkait tindak pidana pemilu saya meminta jajaran selalu berkoordinasi dan berkolaborasi antar pilar sentra gakkumdu, agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana pemilu dapat dilakukan secara profesional serta transparan, sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat," terangnya.

Waka Polres Pelalawan Kompol Dwi Yatmoko, STP, S.IK, M.IK menambahkan, "Semoga tuhan yang maha kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, serta keselamatan kepada kita, dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara," tutup Waka Polres Pelalawan. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar