Memperkuat menejemen Operasi

Kapolres Berikan Arahan Kepada Personil Pengamanan Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, SH, SIK pimpin rapat penyampaian arahan Kapolda Riau kepada Pers yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata Terkait Pelaksanaan dan Optimalisasi Oprasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023 serta Pengamanan Pemilu 2023-2024 di Kabupaten Pela?awan.

Giat yang dilaksanakan di Aula Teluk Meranti Polres Pelalawan itu berlangsung pada Rabu (25/10/2023).

Turut hadir pada kegiatan rapat arahan tetsebut Wakapolres Pelalawan Kompol Dwi Yatmoko, STP, SIK, MIK selaku Waka Ops Res, Kabag Ops Kompol Maison SH selaku Karendal Ops Res, serta dihadiri oleh seluruh para Kasatgas Operasi Mantap Brata dan Pers yang terlibat Satgas Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023.

Kapolres Pelalawan saat menyampaian rrahan Kapolda Riau kepada Pers yang terlibat Oprasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023 mengatakan, diantaranya Penguatan Pondasi Pengamanan Oprasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023 dengan melakukan langkah Inovasi dan Strategi Masing-masing. Selain itu, kegiatan Cooling Sisyem perlu di lakukan seperti kegiatan Do'a bersama, Deklarasi, Rapat kordinasi.

"Untuk mewujudkan itu perlu di persiapkan kesiapsiagaan dengan membentuk pola
rayonisasi, Power On Hand atau Kompi
kerangka," jelas AKBP Suwinto.

Selain itu, lanjutnya, perlu dilaksanakan pengamanan dan pengawalan Logistik Pemilu sesuai dengan SOP, dengan melakukan pengecekan lokasi gudang atau tempat penyimpanan dengan selalu mewaspadai potensi gangguan keamanan yang bakal terjadi.

"Waspadai juga gangguan bencana alam yang dapat terjadi kapan saja seperti kehujanan dan bencana banjir, kebakaran akibat api rokok dan konsleting listrik serta hal-hal lain yg dapat merusak serta hilangnya semua Logistik Pemilu," imbuh Kapolres.

Selain itu juga dalam penggunaan anggaran Operasi Mantap Brata dengan benar, "Yaitu dengan menciptakan pola dan strategi dukungan anggaran dengan cara Petugas PAM yang diberikan dukungan anggaran adalah petugas yang tersprint dalam Operasi Mantap Brata dan diberikan dukungan anggaran per hari bukan di serahkan sekali gus," tegas Kapolres.

Ditambahkannya, agar semua Pejabat Utama, Kasatgas, Kasubsatgas, Kaposko dan semua pejabat Operasi Mantap Brata wajib melaporkan seluruh kegiatan OMB setiap harinya akan dikompulir Oleh Posko seluruh pelaksanaan Apel, Pembagian Dukgar, dinamika kegiatan sampai dengan Apel konsolidasi. Selain itu Manajemen PAM yang baik, rapi dan benar di lokasi penyimpanan Logistik Pemilu dengan pengamanan Personil serta Petugas PAM harus dilengkapi dengan peralatan yang tepat serta dilengkapi dengan posko PAM yang lengkap dengan buku mutasi, sprint dan daftar jaga.

"Untuk itu, segala administrasi harus lengkap dengan tabulasi giat PAM sehingga dapat diketahui seluruh dinamika mobilisasi logistik pemilu dan aktifitas orang yang ada di lokasi penyimpanan Logisitik Pemilu tersebut," pungkas Kapolres Pelalawan. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar