PKK Riau Sebut, PKK Siak Sangat Istimewa

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Sekretaris PKK Riau Hj. Erlina Khairul mewakili Ketua TP PKK Riau menyampaikan apresiasinya atas sambutan dan kehadiran Ketua dan Pengurus PKK Kecamatan dan Kampung. Hal itu ia sampaikan saat monitoring dan evaluasi program yang bertempat di Balai Datuk Empat Suku, Siak Sri Indrapura Senin (9/10/2023).

"Siak ini istimewa sekali ya, yang kami minta kehadiran ibu-ibu ketua PKK kecamatan saja, tapi seluruh ketua PKK Kampung pun di undang. Ini luar biasa ya," kata Erlina diawal sambutannya.

Untuk pelaksanaan monev tahun ini, lanjutnya, pihaknya tidak lagi mendatangi kampung-kampung tapi langsung ke PKK kabupaten saja.

Monitoring dan evaluasi ini sangat penting, yang menjadi program prioritas. Mulai dari tingkat pusat hingga tingkat kecamatan yang tertuang dalam Rakernas PKK IX PKK. Artinya sudah berapa jauh pelaksanaan program PKK itu dijalankan, mulai dari tangkat kabupaten sampai ke tingkat kampung. "Kami yakin dan percaya Kabupaten Siak sudah lama melakukan kegiatan Monev ini," ucapnya.

Lebih lanjut Erlina menyampaikan, bahwa pihaknya sudah melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas pengurus dan kader PKK Desa tingkat Provinsi Riau. Saat ini sudah tiga kabupaten yang sudah mengikuti kegiatan pelatihan tersebut.

Erlina menyebutkan, dari hasil laporan  yang diterimanya, ternyata masih banyak PKK Desa yang tidak paham apa itu PKK. Hal itu menjadi sangat memprihatinkan.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfedri memaparkan kegiatan dan inovasi yang telah dilaksanakan. Pentingnya kegiatan monitoring dan evaluasi ini karena itu dirinya berinisiatif mengundang Ketua PKK Kecamatan dan ketua PKK Kampung se kabupaten Siak, ditambah sekretaris dan satu anggota.

Harapannya, bisa saling berbagi pengetahuan, saling tukar informasi serta saran dan pendapat dari PKK Provinsi Riau terutama terhadap evaluasi kegiatan-kegiatan dan program-program yang telah dilaksanakan maupun kegiatan dan program yang akan dilaksanakan.

Sehingga seluruh kegiatan tersebut bisa sesuai dengan hasil Rakernas IX PKK 2021 dan sejalan dengan program unggulan dan program prioritas PKK. "Dengan kehadiran tim Monev PKK Provinsi Riau ini, dapat memberikan bimbingan dan arahan, sehingga program PKK Siak kedepan menyesuaikan dengan hasil Rakernas ke IX PKK tahun 2021," ucapnya.

Selanjutnya istri Bupati Siak itu juga memaparkan program-program kerja yang telah dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK kabupaten Siak Mulai dari PKK Kabupaten hingga PKK kecamatan dan Kampung yang mengacu pada program prioritas dan kebutuhan masyarakat.

Diantaranya, program kerja PKK sudah sinergi dengan RPJMD Tahun 2021 terkait agenda memperkuat ketahanan ekonomi, revoluasi mental, memperkuat pelayanan dasar dan membangun lingkungan hidup yang menjadi panduan dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK.

Kemudian, PKK Siak sudah melakukan MoU dengan 17 OPD dilingkungan pemerintah kabupaten Siak. Telah membuat sismtem informasi pendataan dasawisma (SIPEDAS) secara online kerjasama dengan Dinas Kominfo Kab Siak, sekaligus pembuatan tanda tangan elektronik untuk Ketua PKK Kabupaten melalui kode QR.

Selanjutnya inovasi yang dibuat oleh POKJA I adalah gerakan sedekah subuh, POKJA II gerai UP2K, dan POKJA III membuat sistem irigasi tetes dengan botol bekas sementara pada POKJA IV membuat gebyar Posyandu. (Infotorial/Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar