Istri Wakil Bupati Tutup Pelatihan Buat Souvenir Tenun Siak

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Siak, Ananda Laila Putri menutup kegiatan pelatihan membuat souvenir dari bahan batik dan tenun Siak. Pelatihan ini kerjasama Dekranasda Siak dengan PT TGI RO III Pekanbaru, yang bertempat di ruang praktek SMKN 1 Siak, Kamis (5/10/2024) Petang.

Nanda sapaan akrabnya menyampaikan, bahwasannya kedepan akan banyak event atau kegiatan yang dilaksanakan oleh pemkab Siak. Tidak hanya itu, kunjungan wisatawan lokal maupun dari luar selalu meningkat.

Menurutnya, hal itu menjadi peluang besar bagi pelaku usaha dan perajin souvenir untuk memanfaatkan peluang tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa menambah penghasilan keluarga.

"Tahun depan akan banyak event-event atau kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Siak karena menyambut ulang tahun perak, 25 tahun Kabupaten Siak. Ini kesempatan emas bagi para peserta untuk membuat cenderamata atau souvenir, karena akan banyak wisatawan yang datang," kata Nanda.

Istri Wabup Husni Merza itu menegaskan agar para peserta untuk terus mengasah keterampilannya dan menggali ilmu-ilmu baru serta cepat tanggap dalam mencari peluang. "Biasanya kalau ada acara pernikahan, setiap tamu yang datang diberi souvenir ya ibu-ibu. Nah, ini kan peluang ! Kalo nanti dapat pesanan yang banyak, ibu-ibu kan bisa kroyokan ngerjainnya," ucap ibu 4 anak ini.      

Diujung sambutannya, tak lupa ia sampaikan ucapan terimakasih kepada pihak SMK 1 Siak yang telah memfasilitasi kegiatan pelatihan tersebut.

Instruktur pelatihan dari Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta Suryawati Restiani tampak senang, karena semua peserta bisa menyelesaikan semua materi yang diberikan. "Saya senang, mereka semua antusias dan semangat untuk menyuri ilmu dari saya. Memang untuk pertama itu agak lambat, dan itu wajar. Jika semakin banyak berlatih tentunya akan terbiasa dan semakin bagus hasilnya," katanya.

Ia berharap ilmu yang didapat bisa bermanfaat untuk kemajuan para perajin dan menular bagi orang-orang sekitarnya. Biasanya daerah wisata itu potensinya besar untuk menjual souvenir.
      
Turut hadir Ketua Dekranasda Siak Rasidah Alfedri, Wakil Kepala SMK 1 Siak, Pengurus Dekranasda dan 12 peserta pelatihan dari kecamatan Siak dan Mempura. (Infotorial/Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar