Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat, APRIL Group MoU Dengan Kementerian Kesehatan

Penandatanganan MoU antara Kementrian Kesehatan dan APRIL Group Untuk Peningkatan Kesehatan Masyarakat dan Tranformasi Pelayanan Kesehatan Primer.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Sebagai produsen pulp dan kertas yang berlokasi di Kabupaten Pelalawan, APRIL Group ambil adil dalam mendukung program prioritas pemerintah dalam penguatan integrasi layanan kesehatan primer melalui skema Public-Private Partnership dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Dalam kolaborasi APRIL lakukan meliputi penyediaan lebih dari 800 unit alat kesehatan deteksi dini yang terdiri dari 21 jenis, termasuk alat USG 2D, EKG, Doppler, infant warmer, antropometri, dan alat kesehatan lainnya. APRIL juga berkolaborasi dengan pemerintah dan pihak terkait lainnya dalam pemberian dukungan pelatihan untuk penggunaan alat kepada tenaga kesehatan. 
          
Bentuk kolaborasi melalui skema PPP ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh Kementerian Kesehatan bersama APRIL yang bertujuan untuk meningkatkan standar pelayanan mimimal (SPM) kesehatan  bagi masyarakat, khususnya kesehatan ibu hamil dan anak balita, remaja, usia produktif dan lansia serta  mendorong deteksi dini  dan percepatan rujukan di tingkat pelayanan kesehatan primer melalui pendekatan siklus hidup.
           
Seluruh alat kesehatan dan pelatihan ditujukan untuk 30 puskesmas di tiga kabupaten yang berdekatan dengan kegiatan operasional APRIL, yaitu Pelalawan, Siak, dan Kuantan Singingi, yang akan dimulai pada 2023. Dari pihak pemerintah, akan mendukung penyiapan sistem integrasi layanan primer di tiga kabupaten tersebut yang akan memperkuat organsiasi pelayanan kesehatan, serta memperkuat sistem deteksi dan sistem rujukan.

Kerja sama ini dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara APRIL Group dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Penandatanganan MoU dilakukan di Puskesmas Berkilau II Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan President Direktur APRIL Group Sihol Aritonang, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha. Penandatanganan tersebut juga disaksikan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Riau Syamsuar dan para Bupati tiga kabupaten, serta manajemen APRIL Group, Selasa (25/72023).
          
"Kolaborasi antara Kementerian Kesehatan dan APRIL Group merupakan langkah signifikan dalam mewujudkan transformasi kesehatan melalui integrase pelayanan kesehatan primer. Melalui upaya ini, kami berharap dapat memperkuat aksesibilitas fasilitas kesehatan di tingkat pelayanan kesehatan primer, khususnya Provinsi Riau,” terang Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Sementara itu, Gubernur Riau Drs. Syamsuar juga mengatakan, bahwa komitmen Pemerintah Propinsi Riau memberikan pelayanan kesehatan yang optimal buat masyarakat terus dilakukan.
        
"Saat ini juga, pihaknya sudah membuat terobosan baru dengan mendapat restu dari Pemerintah Pusat dengan didirikannya rumah sakit jantung. Dengan adanya rumah sakit tersebut, kita meminta kepada masyarakat Riau tidak usah lagi berobat jauh-jauh. Dengan adanya perhatian serius kita untuk masyarakat, masyarakat sehat dan ekonomi Riau bangkit," ujarnya.
          
Hal senada disampaikan Bupati Pelalawan H Zukri. Dia mengatakan, bahwa Pemkab Pelalawan mengapresiasi yang dilakukan APRIL Group yang sudah mendukung program Pemerintah dalam bentuk kesehatan. Saat ini masyarakat Kabupaten Pelalawan sudah tidak usah takut lagi berobat ke tempat pelayananan kesehatan milik pemerintah, dimana kalau warga berobat baik ke Puskesmas dan RSUD gratis. Hanya dengan modal KTP asal Pelalawan sudah bisa berobat.

"Program yang kita lakukan ini perlu juga mendapat dukungan Pemerintah Pusat, maka dari itu kehadiran Menteri Kesehatan diharapkan bisa mendapat perhatian untuk kesehatan masyarakat daerah bermotto Tuah Negeri Seiya Sekata lebih baik lagi ke depannya," jelasnya.
         
Presiden Direktur APRIL Group, Sihol Aritonang mengatakan bahwa kemitraan ini adalah untuk mengintensifkan kerjasama yang selama ini sudah berjalan dengan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi dalam mendukung layanan kesehatan yang layak bagi masyarakat serta bentuk konkret dari komitmen keberlanjutan APRIl2030 untuk mencapai Kemajuan Inklusif.
        
"Dengan mendukung transformasi pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas, ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dalam hal deteksi dini penyakit dan percepatan rujukan, terutama untuk kesehatan ibu hamil dan anak balita sehingga dapat meminimalisir stunting, yang menjadi fokus kami dalam APRIL2030," tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan deklarasi Kepala Desa dan Lurah dalam Peduli Posyandu. Dilakukan juga penandatangan MoU Kemenkes RI dan APRIL Group serta bantuan alat kesehatan dari APRIL GROUP ke Kabupaten Siak, Kuansing dan Pelalawan.

Usai kegiatan, Menteri Kesehatan didampingi Gubernur Riau, Dirjen Pelayanan Kesehatan RI, Bupati Pelalawan, Wabup Pelalawan, berkesempatan melakukan penanaman pohon kelor di belakang Puskesmas Berkilau II, Pangkalankerinci. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar