Menetap Sebulan, 35 Pemuda Pemudi se-Indonesia Tiba di Pelalawan Untuk Mengabdi ke Masyarakat

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Sebanyak 35 pemuda pemudi se-Indonesia peserta Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) tingkat nasional wilayah Indonesia bagian barat dengan tuan rumah Provinsi Riau tiba di Kabupaten Pelalawan sebagai daerah pelaksana, Kamis (6/7/2023).

Kedatangan peserta PPAP didampingi perwakilan Kemenpora Dr. Mustadin, S.Psi., M.Si, Penanggungjawab Koordinasi Lintas Sektor Layanan Kepemudaan dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Riau Boby Rachmat, S.STP, M.Si disambut langsung oleh Bupati Pelalawan H. Zukri didampingi Forkopimda dan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pelalawan Dodi Asma Saputra, S.STP di rumah dinas. Selanjutnya rombongan menuju ke Balai Seminai guna mengikuti prosesi serah terima peserta PPAP.

Sebelum menaiki tangga Balai Seminai lokasi acara prosesi serah terima, rombongan disuguhkan dengan silat kampung diiringi alat musik tradisional, kemudian dilanjutkan tari persembahan.

Bupati Pelalawan H. Zukri dalam sambutannya menyambut baik peserta Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) di Kabupaten Pelalawan.

”Saya selaku Bupati mewakili masyarakat Kabupaten Pelalawan menyampaikan selamat datang di Negeri Amanah Tuah Negeri Seiya Sekata Kabupaten Pelalawan. Semoga kehadiran adik-adik di daerah kami menjadi perekat bangsa. Meski Kita berbeda ras, suku, agama namun kita satu Indonesia," ucapnya.

Bupati Zukri juga menyebutkan bahwa 35 peserta PPAP adalah pemuda pemudi yang bertalenta yang telah lulus seleksi di propinsi masing-masing, tentunya diharapkan kehadirannya di Kabupaten Pelalawan bisa menambah pengetahuan dan wawasan baru akan indahnya perbedaan.

”Kita berharap kontribusi dan partisipasi adik-adik menjadi penyejuk, solusi ditengah masyarakat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” paparnya.

Perwakilan Kementerian Pemuda dan Olahraga Dr. Mustadin, S.Psi., M.Si Penangung jawab Koordinasi Lintas Sektor Layanan Kepemudaan dalam sambutannya menyampaikan program Pertukaran Pemuda Antar Provinsi mencoba mempertemukan pemuda pemudi di seluruh Indonesia.

”Meskipun berbagai perbedaan dengan interaksi yang intensif akan meminimalisir prasangka. Membangun kesepahaman sungguh berbeda tapi bukan digiring untuk perpecahan namun menjadi kekuatan. Karena perbedaan bukan untuk dibenturkan agar bercerai berai,” katanya.

Dirinya juga menyebutkan dipilihnya Negeri Melayu Provinsi Riau sebagai tuan rumah, perlu diingat dasar kebersamaan bahasa kita adalah Melayu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pelalawan Dodi Asma Saputra, S.STP dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Pertukaran Pemuda Antar Provinsi adalah program kegiatan kolaborasi antara Pemerintah pusat melalui Kemenpora dan daerah.

”35 peserta PPAP dari 35 provinsi akan berada di Kabupaten Pelalawan selama lebih kurang satu bulan dari tanggal 6 Juli hingga 5 Agustus 2023. Mereka akan melakukan pengabdian kepada masyarakat, juga program-program kepemudaan,” ungkapnya.

Dikatakannya, Provinsi Riau tuan rumah Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) menunjuk Kabupaten Pelalawan sebagai daerah tempat pelaksanaan. PPAP dibagi menjadi dua zona, yakni zona barat dan zona timur. Untuk zona timur sebagai tuan rumah Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan dan zona barat di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

”Awalnya dipersiapkan 3 Kabupaten yakni Bengkalis, Siak dan Pelalawan. Namun kita yakinkan di Propinsi bahwa Pelalawan sangat siap. Anggaran melalui sharing budget Kabupaten dan Propinsi,” bebernya.

Para peserta PPAP, nantinya 5 peserta ditempatkan di Kelurahan Pelalawan, Kecamatan Pelalawan. Kemudian 11 peserta akan ditempatkan di Desa Makmur, Desa Mekar Jaya dan Kelurahan Pangkalan Kerinci Barat, Kecamatan Pangkalan Kerinci.

“Dengan kehadiran peserta PPAP ini, diharapkan mampu menjadi media untuk bertukar fikiran, kemudian juga dimanfaatkan untuk saling mengenal kebudayaan dan pariwisata satu sama lain. Kemudian juga menggali potensi daerah kita,” terangnya. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar