Aturan Kelas Sebagai Solusi Wali Kelas Dalam Hadapi Kesulitan Belajar Siswa Kelas 1 SD Al Hikmah Sur

Oleh: Nurul Havizah 


SD Al Hikmah Surabaya merupakan suatu lembaga swasta sekolah dasar yang terletak di Surabaya. Sekolah ini terkenal dengan sekolah berbasis islam yang menekankan pembangunan karakter intelektual siswa.  

Adapun visi sekolah yaitu menjadikan lembaga pendidikan yang unggul dalam mencetak generasi yang beriman, berilmu, berakhlak mulia, serta berkontribusi positif bagi masyarakat. Selain itu, SD Al Hikmah Surabaya sangat terkenal dalam keintegrasian nilai islam disetiap pembelajarannya.

Dalam proses pembelajaran, setiap guru pasti menemukan kesulitan belajar pada siswa. Sebagai wali kelas harus mampu menghadapi kesulitan setiap siswanya dikelas. Salah satu cara yang telah diterapkan lama oleh salah satu wali kelas 1 SD Al Hikmah yaitu dengan membuat aturan kelas.

“Aturan kelas sangat penting untuk menciptakan kelas yang kondusif,” tutur Ustdzah Uti sebagai narasumber wawacara wali kelas.

Tak hanya itu, “Aturan kelas juga dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dengan catatan aturan tersebut telah disepekati bersama oleh seluruh siswa dan orangtua”.

Mengatasi kesulitan belajar siswa dapat diawali dengan memetakan kesulitan-kesulitan tersebut. Menurut Ustadzah Uti cara memetakan kesulitan belajar siswa dengan kembali ke aturan, dimana aturan tersebut di buat bersama dengan kesepakatan siswa, tak hanya itu, mengatasi kesulitan belajar siswa dapat dilakukan dengan meningkatkan antusias siswa dengan cara siswa dibikin happy terlebih dahulu, namun hal tersebut harus dimulai dari diri guru itu sendiri, guru harus lebih respontif jika siswa ada masalah, serta guru harus meningkatkan kepekaan terhadap kebutuhan setiap siswa.  

Diakhir kegiatan, sebagai seorang wali kelas, Ustdzah Uti berpesan kepada calon guru harus mempunyai niat dan tujuan yang jelas serta bekerja dengan hati. Artinya dengan adanya niat dan tujuan yang jelas akan memudahkan guru dalam menentukan arah ingin menciptakan siswa yang seperti apa serta keikhlasan hati dalam mengajar akan menjadikan ilmu barokah untuk siswa. 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar