Operasi Ketupat Di Rohil, Tiga Jalur Rawan Menjadi Perhatian

Wabup Rohil H.Sulaiman didampingi Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto,SHSIKMSi Chek Barisan Kesiapan operasi Ketupat 2023

Rohil (Riaubernas.com)
Wakil Bupati Rohil H. Sulaiman Azhar memimpin upacara gelar pasukan Operasi Ketupat dalam rangka pengamanan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah/Tahun 2023.

Upacara ini digelar di lapangan apel Polres Ujung Tanjung, Senin (17/4/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Wakil Bupati Rokan Hilir dengan membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang berisi beberapa poin penting, terutama terkait pelaksanaan mudik lebaran.

Dalam sambutan tersebut Wakil Bupati juga menyebut Apel Gelar Pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir dari persiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

Selain itu menurutnya, kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait pengamanan mudik dan perayaan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriyah.

Usai menyampaikan amanat Kapolri, Wakil Bupati Rohil mengungkapkan, melihat potensi pergerakan kendaraan begitu tinggi pada masa mudik tahun ini, dia menghimbau kepada masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk melengkapi surat berkendara dan yang terpenting menjaga keselamatan.

"  Jaga keselamatan, jaga kenyamanan sehingga mudik menjadi berkesan sampai kekampung halaman dengan selamat. Dan satu lagi, jangan lupa rumah  yang ditinggal dititip sama RT dan RW karena rumah kosong takut ada maling yang masuk," kata Wabup.

Dia juga mengingatkan kepada masyarakat dengan timbulnya penyakit saat lebaran tiba karena hampir setiap orang ingin menikmati seluruh hidangan yang tersedia. Dibalik ada bahaya kesehatan yang mengancam dari hidangan hari raya. sehingga akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

" Saya meminta kepada Dinas kesehatan agar siap siaga karena pola makan masyarakat setelah lebaran tidak terkontrol sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit," ungkapnya.

Ditempat sama, Kapolres Rokan Hilir, AKBP Andrian Pramudianto menyebutkan, Operasi Ketupat 2023 melibatkan 400 personil Polri yang dibantu dengan petugas Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan mitra Kamtibmas lainnya. Pasukan yang dilibatkan akan ditempatkan pada tiga titik pos rawan diantaranya Pos Pam Rantau Bais, di Balam dan perbatasan Bagan Sinembah.

" Jika ada truk patah as atau kecelakaan diharapkan pengemudi untuk melaporkan ketiga titik tersebut yang dianggap rawan," kata Kapolres

Dikatakannya, banyak arus kendaraan keluar masuk melalui Bagan Sinembah karena disana merupakan pintu gerbang Rokan Hilir. Sementara itu, untuk meminimalisir tingkat kecelakaan pengendara, pihaknya sudah meminta pemerintah pusat untuk menambal jalan yang rusak.

“Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal melalui operasi terpusat dengan sandi ketupat 2023 selama 14 hari, sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023,"  kata Kapolres

Tema kegiatan Apel yang mengangkat tema “Mudik Aman Berkesan”, dihadiri oleh Wakil Bupati Rokan Hilir, Kapolres Rokan Hilir,  Sekretaris Diskominfotiks, Kadis Perhubungan, serta seluruh elemen penting lainnya(*) Syofyan Rambah 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar