Upaya Lestarikan Budaya Tradisional, Disdikbud Gelar Pelatihan Alat Musik Kompang

Kadisdikbud Kabupaten Pelalawan Abu Bakar FE, M.Si saat membuka kegiatan Pelatihan Alat Musik Tradisional di Hotel Fanbinari.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pelalawan mengelar Diklat Pelatihan Alat Tradisional Kompang yang diikuti oleh para guru SD dan SMP bidang kesenian se Kabupaten Pelalawan.

Pelatihan yang diikuti oleh 80 orang guru tersebut, berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 8 sampai 10 Maret 2023. Dengan menghadirkan pelatih dari Sanggar Bina Tasik Kabupaten Pelalawan.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Pelalawan, Sahrul, S.Pd mengatakan, Tujuan dilaksanakannya pelatihan ini guna mengembangkan pengetahuan para guru tentang alat musik tradisional Kompang. Yang saat ini dirasakan sudah hampir punah.

"Dengan demikian, diharapkan nantinya para guru dapat mengajarkan kepada para anak didik bagaimana cara mengunakan dan memainkan alat musik tradisional Kompang dengan benar sehingga dapat terus terjaga dan terlestarikan, agar tidak hilang dimakan jaman. Karena alat musik Kompang merupakan salah satu kebudayaan tradisional masyarakat Melayu di Kabupaten Pelalawan. Ibaratnya kegiatan ini kami laksanakan untuk membangkitkan batang yang terendam," ujar Syahrul.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pelalawan Abu Bakar FE, M.Si saat membuka kegiatan pelatihan alat tradisional ini mengharapkan agar seluruh guru kesenian yang menjadi peserta benar-benar maksimal dalam mengikuti pelatihan tersebut.

"Saya berharap, bapak ibu guru para peserta pelatihan ini benar-benar dapat maksimal memanfaatkan waktu yang tiga hari ini untuk berlatih bagaimana memainkan alat musik Kompang ini. Serap apa yang disampaikan oleh instruktur atau pelatih yang kita sediakan. Sehingga nanti bisa diajarkan kepada anak didik disekolah. Nanti saya akan turun ke sekolah-sekolah dan saya minta anak didik kita bisa menampilkannya," ujar Abu Bakar, Kamis (9/3/2023) di Hotel Fanbinari.

Abu Bakar juga menjelaskan bahwa untuk saat ini tidak semua sekolah mempunyai alat musik tradisional Kompang ini. Untuk itu, kedepan pihaknya akan berupaya agar semua sekolah SD, SMP yang ada di Kabupaten Pelalawan mempunyai alat musik Kompang. "Kompang inikan termasuk salah satu alat musik tradisional Melayu, ini perlu kita jaga dan lestarikan," imbuh Abu.

Kadisdikbud juga mengatakan bahwa kegiatan pelatihan alat musik tradisional kali ini itu khusus Kompang saja. "Tadi saya juga sudah kordinasi dengan Kabid Kebudayaan, kedepan juga akan kita gelar pelatihan alat musik tradisional yang lain seperti Gambus, Biola dan lain sebagainya," pungkas mantan Kasatpol PP Kabupaten Pelalawan ini. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar