6 Ide Membuka Toko Online

RIAUBERNAS.COM - Membuka toko online bisa dikatakan gampang-gampang susah. Terkadang hal yang membingungkan adalah menentukan ide jualan apa yang harus dijajakan di toko online. Apalagi ada banyak platform jualan yang sebelumnya harus dikuasai terlebih dahulu oleh calon penjual. Sehingga perlu menyesuaikan kategori dengan platform yang digunakan.

Ada banyak kategori produk yang bisa kamu coba ketika buka toko online. Beberapa kategori tersebut diantaranya yaitu:

1. Makanan

Membuka toko online untuk menjual makanan tentunya selalu memiliki pasar yang luas apalagi saat ini didukung dengan hadirnya beragam aplikasi mobile dan media sosial. Hal ini membuat proses pembelian dan pengantaran pesanan menjadi sangat praktis, mudah, dan aman.

Keunggulan itulah yang membuat bisnis kuliner memiliki peluang besar mendapat keuntungan. Menjual makanan yang dilakukan secara online dapat mendorong peningkatan penawaran dan permintaan. Bagi kamu yang tertarik memulai bisnis kuliner online bisa memanfaatkan e-commerce maupun berjualan melalui sosial media seperti Instagram yang saat ini sedang populer.

2. Produk Kecantikan

Produk kecantikan merupakan kategori produk yang saat ini laku di pasaran. Umumnya produk kecantikan terbagi menjadi dua, yaitu skincare dan makeup. Seiring meningkatnya kesadaran konsumen akan pentingnya merawat diri, maka tak heran jika penjualan produk kecantikan sangat laris akhir-akhir ini.Jika kamu tertarik untuk membuka usaha produk kecantikan ini, kamu bisa menjadi reseller dari produk-produk kecantikan yang sudah memiliki nama yang besar kemudian menjual kembali produk tersebut di ecommerce, website, dan media sosial.

3. Fashion

Bisnis ini termasuk dalam kategori bisnis online terlaris, mengingat target pasarnya yang luas dan menjadi salah satu kebutuhan utama manusia. Kamu bisa mulai membuka toko online dengan menentukan konsep dan target pasar dari fashion yang akan dijual. Setelah itu lakukan inovasi dan kreativitas dalam memilih pemasok produk.

Kemudian lakukan promosi dengan menggunakan jasa influencer agar produk kamu makin dikenal. Membuka bisnis fashion online sangat layak kamu pertimbangkan karena tidak memerlukan banyak waktu dan biaya serta pemasarannya pun cukup mudah dan aman. 

4. Perlengkapan Bayi

Ide membuka toko online berikutnya adalah kategori perlengkapan bayi. Ada banyak perlengkapan bayi yang saat ini dibutuhkan oleh beberapa orang, salah diantaranya adalah popok bayi, pakaian bayi, mainan bayi, tempat makan bayi, hingga tas perlengkapan untuk bayi.

Umumnya mereka akan mencari perlengkapan bayi yang diinginkannya di marketplace atau ecommerce. Kamu bisa menjadikan ini sebagai peluang emas dengan cara membuka toko online kategori ini di berbagai platform e-commerce pilihan kamu.

5. Peralatan Dapur

Alat masak dan dapur merupakan produk yang menargetkan ibu rumah tangga sebagai konsumennya. Kamu bisa menjadikan kategori jualan online ini sebagai peluang. Untuk langkah awal, kamu bisa menjual beberapa alat dapur yang memang sering dicari oleh para pembeli, seperti wajan, panci, piring, gelas, rice cooker, blender, gelas, hingga sendok.

6. Alat Elektronik

Ide jualan online berikutnya adalah alat elektronik yang bermanfaat untuk membantu pekerjaan rumah seperti vacuum cleaner, air purifier, dispenser, rice cooker serta lampu duduk. Kamu bisa juga menjual peralatan elektronik rumah yang memiliki ukuran lebih besar seperti AC, kulkas, dan mesin cuci.

Umumnya alat elektronik dijual secara offline. Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan ini sebagai kesempatan untuk membuka toko online yang berfokus pada alat-alat elektronik saja.


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar