Bupati Rohil Lantik 938 Jabatan BPKEP .

Pemkab Rohil Tak Menginginkan Penghulu Tersandung Masalah Hukum

ROHIL, RIAUBERNAS.COM,
Pelantikan sejumlah anggota Badan Pengawas Kepenghuluan BPkep Se  Rohil masa periode 2022-2027 diaula Gedung Yayasan Sekolah Wahidin , Rabu (25/1/23) dijalan pahlawan Bagansiapiapi 

Prosesi pelantikan dan pengambilan Sumpah  sebanyak 938  jabatan Bpkep dipandu oleh Bupati Rohil  Afrizal Sintong  Sip .

Disela sela pelantikan Bupati Rohil menjelaska bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah Bpkep sebanyak 938  terdiri beberapa  kepenghuluan dan 18 kecamatan se- Rohil 

Afrizal sintong beralasan pelantikan disuatu tempat lebih efektif sekaligus memantapkan agar Bpkep bisa saling berkoordinasi sesama Bpkep antar kepenghuluan yang lainnya .

"Penting jabatan Bpkep disuatu desa dapat terawasi anggaran dan kinerja datuk penghulu. Sesuai permendgari agar  saling berkoordinasi dengan  masyarakat dimasing masing desa ," harpanya 

Kemudian datuk kepenghulu dan Bpkep harus seiring sejalan nembangun desa, tapi  jangan coba coba  untuk melakukan penyimpang anggaran desa tersebut ..

Ia menegaskan pemerintah daerah tidak menginginkan datuk  penghulu tersandung masalah hukum dalam terkait penyimpang  dikuncuran desa .

Setiap anggaran Sarpras masuk kedesa katanya, akan selalu ada pengawasan dari Inspektorat akan turun kelapangan mengecek sarana dan prasarana (Sarpras) terbangun dengan mengunakan dana ADD maupun DD .

Dari hasil pemeriksaan inspektorat terangnya,  jika terbukti ditemukan ada dugaan penyimpangan akan diproses seseuai koridor hukum yang berlaku  

Meskipun terbukti katanya adanya melakukan penyimpangan masih ada kesempatan tenggang waktu selama 60 hari  untuk pengembalian anggaran  penyimpang tersebut .

Kendati demikian meminta datuk penghulu dan Bpkep untuk selalu berkoordinasi, Apalagi sudah masuk tahun politik supaya mewaspadai pengunaan anggaran desa. 

"Datuk Penghulu dan Bpkep lebih banyak berkoordinasi  semua pihak termasuk  dinas PMD dan anggota dewan dalam rangka  melaksanakan pembangunan Sarpras dimasing masing kepenghuluan ," saran Bupati menyudahi sambutan(SR)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar