SD Al Azhar Belajar Batik di Siak

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Peserta studi wisata sekolah dasar (SD) Islam Al Azhar 54 Pekanbaru belajar batik di Siak. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Siak Ananda Laila Putri kepada awak media, Selasa ( 17/5) di Gedung Wanita Siak Sri Indrapura. 

"Sebanyak 41 siswa sekolah dasar Al Azhar belajar batik, mereka terlihat semangat dan antusias," kata Ananda. 

Menurut Ananda, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengenalkan batik tulis kepada anak-anak sehingga kecintaan terhadap batik mulai muncul sejak dini. 

Untuk menghemat waktu pihak Dekranasda sudah memberikan motif khas batik Siak diatas kain putih. Selanjutnya anak-anak memberi warna yang mereka sukai. 

Di lain pihak, Kepala SD Islam Al Azhar Tanjih Martopo, S.Pd menyampaikan alasannya memilih studi wisata ke kota Istana dan belajar membatik di Dekranasda Siak. 

Ia mengatakan bahwa kegiatan itu termasuk salah satu materi pembelajaran terkait materi "Perkembangan teknologi produksi sandang" dan para murid secara teori sudah memahami bagaimana membatik. 

lanjutnya, ia ingin anak-anak mampu mempraktikan secara langsung bagaimana proses membatik tersebut. "Alhamdulillah pihak Dekranasda Siak memberi kesempatan dan peluang kepada murid kami untuk melakukan praktek membatik sehingga murid kami dapat memahaminya dengan baik, baik itu secara teori yang sudah di pelajari di sekolah maupun praktik yang sudah dilakukan di dekranasda kabupaten Siak," ucapnya. 

Selain itu, pihak Dekranasda juga memberi kesempatan kepada murid SD Al Azhar tentang pengenalan alat tenun yang merupakan salah satu perkembangan produksi sandang, para murid  dapat melihat secara langsung proses penenunan dan murid juga dapat melihat hasil tenun yang sudah jadi. (Infotorial/Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar