1837 KK Di Tualang Dapat Jargas Bumi Secara Gratis, Alfedri Sampaikan Harapan

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Sebanyak 1837 Kepala keluarga (KK) atau Calon pelanggan (Capel) akan mendapatkan pembangunan Jaringan Gas (Jargas) Bumi di dua kampung yaitu Kampung Pinang Sebatang Timur dan Kampung Pinang Sebatang Barat Kecamatan Tualang secara gratis.

Hal itu terjawab, saat Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melakukan sosialisasi dan serah terima lapangan Pembangunan Jaringan Gas Bumi di aula Kampung Pinang Sebatang Timur Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, disaksikan oleh Bupati Siak Drs. Alfedri, M.Si. 

Tampak hadir Camat Tualang Tengku Indraputra, Kadistransaker Kabupaten Siak Amin Budiyadi dan Kabag Administrasi Perekonomian dan SDA Kabupaten Siak, Penghulu Pinang Sebatang Barat Rudi Hardianto, Penghulu Pinang Sebatang Timur Heri Suparjan, PT Norai sebagai pekerja dan PGN serta perwakilan kedua masyarakat yang ikut sosialisasi dan serah terima lapangan pembangunan Jaringan gas Rumah Tangga Kabupaten Siak.

Bupati Siak Drs. Alfedri, M.Si dalam sambutan berharap sekali dengan city gas atau Jargas Bumi ini. "Harapan sudah lama, dan terwujud hari ini, patut disyukuri. Ada kebahagiaan tersendiri. Waktu itu, kami mulai 2014 sama PGN, 2015 sudah MOU dengan PGN. Selanjutnya baru disurvei, Setelah disurvei data yang potensial mencapai 4000 kk untuk menjadi city gas," kata Alfedri, Kamis (7/4/2022).

Kemudian di tahun 2020, Pemkab Siak kembali membuat surat, "Alhamdulillah ditetapkan PT Norei, nama perusahaan untuk membangun Jargas sebanyak 1837 Capel, mudah-mudahan terealisasi dengan baik dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat kedua kampung yaitu Kampung Pinang Sebatang Barat dan Pinang Sebatang Timur," jelas Bupati. 

Dijelaskan Bupati, bahwa manfaat Jargas Bumi sangat banyak dan ekonomis. "Tinggal bukak kran saja, gas langsung nyala, senang gak," jelas Bupati. 

Pernyataan Alfedri langsung disambut tepuk tangan dan riak masyarakat yang hadir. "Semuanya gratis, dikasih kompor lagi, jadi semuanya ucapan terimakasih. Alhamdulillah keberkahan bagi saudara kita," ujar dia. 

Untuk pekerjaannya, lanjut Bupati, tolong dibantu, beri kemudahan, terutama pak Penghulu bantu sosialisasi kan ke masyarakat terkait pembangunan Jargas nanti. "Sukseskan ini, jangan ada terkendala, Insyaallah kita kembali bersyurat lagi agar target 4000 KK bisa tercapai," harap Bupati.

Pejabat Pembuat Komitmen Jaringan Gas 1 Kabupaten Siak Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Irwanto mengatakan, bahwa ada 1837 calon pelanggan yang siap dipasang Jargas Bumi untuk rumah tangga. 

"Dalam waktu dekat kita akan survei untuk pemasangan Jargas, untuk pelaksana yaitu PT Norei. Kita minta pihak kecamatan bisa meneruskan ke masyarakat penerima. Kalau kita undang tidak bisa hadir semua,  makanya, kita minta keterwakilan," kata Irwanto. 

Irwanto meminta peran masyarakat yang menerima program pemerintah ini turut membantu, karena banyak galian yang dilakukan saat pemasangan SR atau pipa gas sehingga terganggu kenyamanan.

"Nanti kondisinya akan kami kembalikan seperti semula sebelum menggali, sampai uji kelayakan dilakukan. Jadi butuh waktu, baik pengujian dan sampai selesai. Ini program pemerintah, pemasangan gratis dan mendapatkan kompor gas 2 tungku," jelasnya. 

"Apabila praktek dilapangan ada petugas yang meminta bayaran silahkan lapor kekita, kalau dari kita tidak ada pungutan, kecuali pemakaian gas nanti," tegas Irwanto.

Ditanya kenapa di Pinang Sebatang Timur dan Pinang Sebatang Barat dilakukan program ini, karena sangat berdekatan dengan sumber gas atau Pipa Gas. "Bisa saja bertambah yang disampaikan pak bupati sebanyak 4000, cuma dilihat anggaran dulu, kalau untuk tahun 2022 sebanyak 1837 calon pelanggan," imbuhnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar