Kontes Pesona Bonsai Rengat Resmi Dibuka, Ketua PPBI Pusat: Tingkat Lokal Serasa Nasional

INHU, RIAUBERNAS.COM - Kontes Bonsai kota Rengat resmi dibuka wakil bupati Inhu Drs. Junaidi Rachmat, M.Si, yang diikuti 548 Bonsai dari berbagai Daerah Se-Riau dan bahkan diikuti dari Provinsi Jambi.

Panitia pelaksana Tri hadi Prasetyo mengatakan, ada 548 Bonsai yang berasal dari kota/Kabupaten se Riau maupun dari Riaukepri dan Provinsi Jambi.

"Kerajinan Bonsai merupakan kegiatan positif dan meningkatkan perekonomian masyarakat, untuk itu pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu mendukung penuh kegiatan tersebut serta dapat meningkatkan ajang kontes hari ini ke tingkat Nasional," jelas Ketua Pelaksana Tri Hadi Prasetyo, Minggu 30 Januari 2022.

Ketua Persatuan Pengemar Bonsai Indonesi (PPBI) Cabang Indragiri Hulu, Dodi Noveldi mengucapkan terimakasih kepada Forkompinda Inhu yang sudah hadir dalam pembukaan pameran Pesona Bonsai Kota Bersejarah di RTH Rengat.

Mudah-mudahan dengan hadirnya Wakil Bupati Inhu ditengah kontes ini dapat membantu sepenuhnya kegiatan pameran Bonsai tersebut. Dan yang terpenting lagi, kegiatan kontes Bonsai di Inhu dijadikan sebagai kegiatan rutin tahunan untuk dilaksanakan.

"Terimakasih saya ucapkan kepada seluruh tim PPBI Inhu yang sudah mensukseskan acara ini dan mudah-mudahan kegiatan seperti ini dijadikan kegitan rutin tahunan," ucap Ketua PPBI Inhu Dodi Noveldi.

Masih kata Dodi, harapan terpenting adalah kegiatan Pameran Bonsai ini bisa menjadi tingkat Nasional. "Tentunya harus ditingkatkan ke Nasional," kata Pemilik SPBU Rengat sambil melambaikan tangan.

Sementara itu, Ketua PPBI Pusat Bambang alias Mbah Suro, memuji kegiatan Kontes Bonsai di Kota Rengat. Ini pertama kali kontes di Riau meskipun kontes lokal rasanya Nasional.

"Mudah memacu pencinta bonsai diseluruh kabupaten, dan apa yang diceritakan Ketua PPBI Inhu tadi, untuk meningkatkan ke tingkat nasional secepatnya tercapai. Kalau acara sekelas lokal dengan peserta 500 sudah bagus dan sudah terasa tingkat Nasional," ungkap Bambang.

Jika dilihat dari sisi tingkat pamerannya dan penilaian, ada Bonsai bahan jadi sebanyak 180, serta Bonsai Prospek sebanyak 400. "Mudahan-mudahan tahun 2023 terlaksana even tingkat nasional di Inhu. Jika kita lihat, semua anemiknya adalah Bonsai anting putri, artinya rekor memimpin pasar Indonesia serta meningkatkan perekonomian, " tutup Ketua PPBI Pusat.

Ucapan terimakasih juga diutarakan Wakil Bupati Inhu Junaidi Rachmat kepada PPBI Inhu yang sudah membuat acara even besar se Riau, dan melalui kegiatan seperti ini tentunya juga memperkenalkan Inhu ke daerah lain.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa terlaksana di even Nasional dan selamat datang buat para peserta Bonsai se Riau. Tidak hanya se Riau, kagiatan ini juga nampaknya diikuti oleh peserta dari Provinsi tetangga yaitu Jambi," ungkap wakil Bupati Inhu.

Tentunya kegiatan ini tidak lain juga mengali potensi dampak positif untuk peningkatan ekonomi dan menjadi tali silahturami bagi pencinta bonsai.

"Kita dari pemerintah Kabupaten Inhu tetap mendukung kegiatan pameran ini dan tentunya bukan sekedar menyalurkan hobi, namun meningkatkan perekonomian masyarakat. Banyak hal yang harus kita pelajari dalam mengukir tumbuhan, karena tidak semua bisa dijadikan Bonsai, namun ada beberapa tumbuhan memiliki cikal bakal yang bisa dijadikan Bonsai, kalau di Inhu biasanya terkenal dengan tanaman hutan atau disebut anting putri," jelas Wakil Bupati Inhu.

Wakil Bupati Inhu juga mengatakan, baru kali ini melihat lokasi pameran begitu indah tertata dengan baik, dan ini merupakan cikal bakal memperkenalkan bonsai Inhu ke dunia luar serta pemerintah Kabupaten Inhu akan terus mendukung.

Disela peresmian tangapan positif juga diutarakan Anggota DPRD Inhu Fraksi Partai PKB Dodi Irawan, ini merupakan kegiatan luar biasa yang mampu mengenalkan Inhu melalui acara ini.

"Luar biasa Dodi Noveldi ini, sudah mampu membuat even lokal serasa Nasional, mudah-mudahan pencinta bonsai di Inhu terus terlestarikan," tutup Dodi Irawan.

Setelah memotong lita tanda dibukanya pameran Bonsai Kota sejarah yang berlangsung dari tanggal 30 Januari-2 Februari 2022, bagi pengunjung bisa langsung hadir ke RTH Kota Rengat.

Selanjutnya Wakil Bupati Inhu didampingi Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso, S.I.K, Dandim 0302 Inhu dan Ketua PPBI Pusat serta pengurus PPBI Inhu melihat  area pameran kontes Bonsai. (Pt)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar