Zamrud Siak Hijau di Hari Pohon

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Sempena hari Pohon se-dunia pada 21 November 2021, Begawai Institute bersama Jikalahari taja soft launching Forest Art: Zamrud Siak Hijau di tengah-tengah aksi penanaman 1000 pohon. 

Forest Art bertajuk Zamrud Siak Hijau rencananya hendak digelar pada Desember 2021. "Kita konsen di tengah hutan alam Taman Nasional (TN) Zamrud. Tujuan utamanya hendak mengajak masyarakat melestarikan hutan alam yang tersisa untuk generasi berikutnya melalui seni dan kebudayaan," kata Bupati Siak Drs. Alfedri, MSi, Sabtu (20/11/2021).

Lanjut Alfedri, Ide ini berasal dari Almarhum Datuk Seri Al Azhar yang risau, prihatin, dan protes atas kerusakan hutan, tanah, dan ruang ekologis makhluk hidup. 

"Dengan pendekatan kesenian dan kebudayaan, ajakan kepada masyarakat untuk melawan perubahan iklim dan menyelamatkan hutan alam tersisa di Riau, barangkali jalan yang bisa menyatukan," kata dia. 

Aksi ini mendukung komitmen Siak Hijau Bupati Alfedri, yang salah satu isinya hendak menyelamatkan hutan alam tersisa di Riau bersama masyarakat Siak. 

Dalam rangkaian acara penanaman pohon, "Kita akan hadir bersama-sama masyarakat Siak, seniman dan budayawan, dan komunitas Seni di Siak untuk menunjukkan solidaritas dan kolaborasi menyelamatkan hutan alam dan melestarikan Ekosistem Zamrud, serta Taman Nasional Zamrud adalah kunci partisipasi menghentikan perubahan iklim," jelas dia. 

Mari ramaikan. Yang tak sempat hadir silakan nonton live streaming di Youtube; Bandar Serai Festival. (Infotorial/Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar