EMP - Universitas Bakrie, Gelar Pelatihan Sadar Wisata di Langgam dan Sei Apit

RIAU - Energi Mega Persada (EMP) bersama Universitas Bakrie mengadakan pelatihan untuk kelompok sadar wisata di Provinsi Riau. Pelatihan dengan tema “Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pelaku Desa Wisata untuk Membentuk Destination Branding Pemberdayaan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Provinsi Riau” tersebut digelar di dua lokasi, yaitu Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan dan Kecamatan Sei Apit Kabupaten Bengkalis. Pelatihan tersebut berlangsung dari 15-18 November 2021. 

Tim Kedaireka Universitas Bakrie, Insan Harapan Harahap, pada saat pembukaan  pelatihan di Kantor Kecamatan Langgam, Senin (15/11/21) mengatakan, pelatihan tersebut sebagai bentuk kolaborasi antara perguruan tinggi, dunia usaha dan masyarakat serta UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

“Kami dari Universitas Bakrie hadir untuk berbagi ilmu dan pengalaman bersama masyarakat dalam rangka peningkatan potensi wisata di Langgam dan Sei Apit. Untuk di Langgam, kami bekerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) “Tali Bapilin Tigo” Langgam,” katanya.

Pemilihan Langgam dan Sei Apit sebagai lokasi pelatihan, sambung Insan Harapan, setelah melalui diskusi dan pemetaan yang cukup dalam, karena kedua daerah ini memiliki keunikan wisata masing-masing. Langgam dikenal dengan wisata adatnya, sedangkan Sei Apit sebagai wisata halal.

“Nantinya destinasi wisata ini akan diselaraskan dengan UMKM setempat sehingga akan menghasilkan dampak atau multiplier effect yang cukup besar terutama sisi pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. Jika destinasi wisata ini sudah dikelola dengan baik, tentu akan menarik minat investor, misalnya membangun homestay, hotel, dan kegiatan bisnis penunjang lainnya,” katanya.

GPA Manager EMP, Amru Mahalli mengatakan, kolaborasi antara dunia usaha dan perguruan tinggi serta masyarakat, merupakan konsep triple bottom-up yang sedang dijalankan oleh EMP di daerah operasional perusahaan.

Dikatakan, program ini merupakan inisiasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tingi (Dikti) bekerja sama dengan perguruan tinggi yang disebut dengan “Kedaireka”. Program ini memiliki konsep bahwa ada sesuatu yang lahir dari perguruan tinggi yang bisa diserap oleh masyarakat. Kemudian perguruan tinggi mengajak dunia industri untuk ikut berpartisipasi bersama UMKM yang mereka bina. Dan khusus di Kecamatan Langgam, Universitas Bakrie mengajak EMP Bentu Ltd yang beroperasi di daerah tersebut.

Pada kesempatan tersevut, Camat Langgam, Saparuddin G, SH mengucapkan terima kasih kepada EMP Bentu Ltd dan Universitas Bakrie yang telah memberikan pelatihan kepada masyarakat Langgam untuk peningkatan sadar wisata. “Semoga pelatihan ini bermanfaat bagi masyarakat kami, khususnya pengeola wisata di Langgam,” katanya.

Dari data yang dihimpun, pelatihan sadar wisata di Langgam tersebut diisi dengan beberapa paparan materi dan diskusi, seperti Peningkatan Kualitas UMKM, Pembuatan Konten Web, Bahasa Inggris, Akuntansi, Marketing dan Online Marketing, Strategi Branding, Eko Wisata, dan Fasilitas Umum. (**)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar