Dampaknya Cukup Besar, Sertu Afrisal Lakukan Sosialisasi Karhutla di Pangkalan Pisang

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa Pangkalan Pisang Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Sertu Afrisal melakukan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pangkalan Pisang Kecamatan Koto Gasib.

Saat melakukan sosialisasi, Sertu Afrisal bersama masyarakat juga menyisir hutan dan lahan yang dinilai rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan di Pangkalan Pisang Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak.

Dalam melakukan penyisiran bersama masyarakat tidak menemukan titik api. "Saat ini Kampung Pangkalan Pisang nihil dari titik api," kata dia.

Perihal membuka lahan, lanjut dia, kan masih ada cara lain dalam membuka lahan tanpa harus dibakar. "Bisa saja melakukan  secara manual, melalui menebas, menyabit atau lain sebagainya, dan bisa juga meminjam alat berat ke Pemerintah untuk membuka lahan, yang jelas jangan dibakar," ingat dia. 

Dampak dari Karhutla, lanjut dia, sangat besar yaitu dari merusak ekosistem hutan sampai menyebabkan polusi udara, maka jangan lakukan itu.

Masyarakat berpendapat, dengan adanya patroli Karhutla bersama Babinsa dan masyarakat, hal utu sangat membantu memberi pemahaman. "Masyarakat Pangkalan Pisang berjanji tidak akan membakar hutan dan lahan, apabila terbukti, mereka siap di hukum," pungkasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar