Serda Venus Luberto Sisir Hutan dan Lahan di Perawang Barat

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa Perawang Barat Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Serda Venus Luberto bersama masyarakat Perawang Barat menyisir hutan dan lahan yang dinilai rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan di Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Dalam melakukan penyisiran bersama masyarakat, Ia juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang ia jumpai. "Kita sampaikan kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan, kalau terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan, akan kita tindak. Sangsi pidana menanti," kata Serda Venus Luberto kepada Riau Bernas, Minggu (24/10/2021).

Perihal sangsi, lanjut dia, akan dipenjara paling lama 10 tahun. "Kan masih ada cara lain dalam membuka lahan, tanpa harus dibakar. Bisa saja melakukan secara manual, melalui menebas, menyabit atau lain sebagainya, dan bisa juga meminjam alat berat ke Pemerintah untuk membuka lahan, yang jelas jangan dibakar," ingat dia. 

Ia bersama masyarakat juga melakukan penyisiran hutan dan lahan, Dan tidak menemukan titik api. "Saat ini Kelurahan Perawang nihil dari titik api," jelas dia. 

Lanjutnya, Dampak dari Karhutla ini sangat besar yaitu bisa merusak ekosistem hutan dan menyebabkan polusi udara, maka jangan lakukan itu.

Masyarakat berpendapat, dengan adanya patroli Karhutla bersama Babinsa dan masyarakat, hal itu sangat membantu memberi pemahaman. "Masyarakat Kelurahan Perawang berjanji tidak akan membakar hutan dan lahan, apabila terbukti, mereka siap di hukum," ucapnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar