Bupati Suyatno Ajak Warga Hormati Yang Akan Merayakan Imlek

Bupati Rohil, Suyatno

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.com - Jelang perayaan Imlek 2567 yang tepat jatuh tanggal 8 Februari mendatang, Bupati Rohil H Suyatno meminta kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Rokan Hilir untuk senantiasa menghormati warga Tionghoa yang akan melaksanakan Perayaan. Apalagi sikap saling menghargai dan menghormati suku dan agama lain adalah cerminan dari negeri julukan seribu kubah.  

"Sesama warga Rohil harus tetap menghargai dan menghormati agama lain agar kerukunan tetap terjaga dengan baik. Apalagi Kota Bagansiapiapi merupakan daerah yang menjadi pusat perayaan imlek setiap tahunnya di Rohil," terang Bupati Rohil, H Suyatno Amp akhir, Senin (2/2).

Menurutnya, pihaknya mengharapkan agar kerukunan hidup umat beragama bisa tetap terjalin dengan baik dengan menunjukan sikap saling menghormati dan menghargai antar sesama.

"Tapi saya juga berpesan dan menghimbau agar masyarakat Tionghoa yang merayakan imlek jika
menyalakan kembang api jangan sampai mengganggu orang lain," tandasnya.

Katanya, ia yakin setiap tahunnya perayaan imlek di Rohil berjalan aman dan tertib. Ini dikarenakan
masyarakatnya saling menghormati dan terkadang ikut menyaksikan hiburan dalam memeriahkan imlek.

"Yang jelas budaya pemberian angpau ini harus tetap dipertahankan sebagai bentuk saling berbagi kasih dengan anak-anak tionghoa yang belum menikah," katanya.

Di Indonesia sendiri, lanjutnya, tahun baru imlek ditetapkan sebagai hari libur nasional sesuai dengan Keputusan Presiden (Kepres) nomor 19/2002 dan mulai dirayakan sebagai hari libur nasional tahun 2003 lalu. Selain di Indonesia, tahun baru imlek juga merupakan hari libur nasional di negara Brunai, Filipine, Korea, Malaysia, Mauritius, Tiongkok, Vietnam, dan Singapore. (adv/hms/ar)


Editor    : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar