Sertu TH Hutagalung Lakukan Sosialisasi Karhutla Di PSB

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa Pinang Sebatang Barat Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Sertu TH Hutagalung melakukan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ke masyarakat Kampung Pinang Sebatang Barat (PSB) Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Dalam melakukan sosialisasi, pihaknya terlebih dahulu melakukan penyisiran bersama masyarakat, dan tidak menemukan titik api. "Kampung PSB saat ini nihil dari titik api. Masyarakat berjanji tidak akan membakar hutan dan lahan, dan siap menjaga hutan dari oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab," kata Sertu TH Hutagalung kepada Riau Bernas, Minggu (5/9/2021).

Dijelaskan dia, kalau masyarakat ingin membuka lahan, kan masih ada cara lain, tidak harus dengan dibakar. "Kalau membakar resiko sangat besar. Bisa dengan cara manual seperti menebas menggunakan parang, sabit maupun yang lain atau bisa saja ajukan ke pemerintah untuk meminjam alat berat," jelasnya.

Ia juga menceritakan dampak dari kebakaran hutan dan lahan. "Dampak dari karhutla sangat besar, mulai merusak ekosistem hutan sampai menyebabkan polusi udara. Kita ingatkan jangan membakar hutan dan lahan. Kalau terbukti, maka akan dipidana penjara paling lama 10 tahun," tandasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar