Patroli Karhutla, Koptu Deddy Harianto Minta Masyarakat Tidak Membakar Hutan dan Lahan

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa Keranji Guguh Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Koptu Deddy Harianto, meminta masyarakat Keranji Guguh untuk tidak membakar hutan dan lahan. Hal itu disampaikan Koptu Deddy Harianto saat melakukan Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Kampung Keranji Guguh Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak. 

Ia juga melakukan penyisiran hutan dan lahan bersama masyarakat, dan tidak menemukan titik api. "Saat ini Kampung Keranji Guguh nihil dari titik api," kata Koptu Deddy Harianto kepada Riau Bernas, Rabu (1/9/2021).

Koptu Deddy Harianto juga menjelaskan kepada masyarakat tentang dampak dari kebakaran hutan dan lahan. "Dampaknya sangat besar, mulai merusak ekosistem hutan sampai menyebabkan polusi udara. Maka kita ingatkan jangan membakar hutan dan lahan," jelas dia.

Ia menjelaskan kepada masyarakat, kan masih ada cara lain dalam membuka lahan tanpa harus membakar, "Kalau membakar resiko sangat besar. Bisa dengan cara manual seperti menebas menggunakan parang, sabit maupun yang lain, bisa saja ajukan ke pemerintah untuk meminjamkan alat berat, yang jelas jangan dibakar lahan," ingatnya.

Apabila masyarakat terbukti membakar hutan dan lahan, "Maka akan di penjara paling lama 10 tahun," tegas dia. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar