Cegah Karhutla, Kopda Heri Kiswanto Lakukan Sosialisasi Karhutla di Tuti

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Babinsa Tualang Timur Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Kopda Heri Kiswanto melakukan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ke masyarakat Kampung Tualang Timur (Tuti) Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Dalam melakukan sosialisasi itu, dirinya mengingatkan masyarakat jangan membakar hutan dan lahan, karena bisa berdampak pada kerusakan ekosistem hutan dan menyebabkan polusi udara.
"Kita minta masyarakat jangan membakar hutan dan lahan, kalau terbukti akan diproses secara hukum, maksimal 10 tahun penjara," kata Kopda Heri Kiswanto kepada Riau Bernas, Senin (16/8/2021).

Dia menjelaskan kepada masyarakat, terkait membuka lahan, kan masih ada cara lain, bisa dengan cara manual seperti menebas menggunakan parang, sabit maupun yang lain. "Bisa saja ajukan ke pemerintah untuk meminjam alat berat, yang jelas jangan dibakar," ingat dia. 

Kopda Heri Kiswanto juga mengatakan, bahwa petugas akan kesulitan memadamkan api, apabila lahan dan hutan Tualang Timur terbakar, karena kondisi lahan gambut dan sulit mendapatkan sumber air.

Masyarakat berpendapat, dengan adanya patroli Karhutla bersama Babinsa dan masyarakat, sangat membantu memberi Pemahaman. "Masyarakat berjanji akan membantu mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dan bersedia berperan aktif mengawasi Karhutla di Kampung Tualang Timur," tandasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar