Mahasiswa KKN UNRI 2021, Sosialisasi TOGA ke Ibu-Ibu PKK KWT Merica, Kelurahan Selatpanjang Timur

KEPULAUAN MERANTI, RIAUBERNAS.COM - Tanaman Obat Keluarga atau yang lebih sering kita sebut dengan TOGA adalah salah satu tanaman berkhasiat yang biasanya ditanam dilahan pekarangan rumah, guna memenuhi kebutuhan keluarga sebagai obat-obatan tradisional yang dapat diolah sendiri secara alami.

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dapat membantu menunjang ekonomi keluarga yang semakin sulit. Selain itu, TOGA juga menjadi salah satu bahan yang banyak dicari oleh masyarakat sekitar untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang oleh penyakit. Di antaranya seperti jahe, kunyit, temulawak, serai, kumis kucing, daun kemangi, dan tanaman lainnya yang dipercaya sebagai penangkal virus Covid-19, berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas seseorang dengan cara diolah dan diminum secara rutin.

Melihat hal tersebut, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Selatpanjang Timur Universitas Riau tahun 2021, mengadakan kegiatan Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) kepada Ibu-Ibu PKK Kelompok Wanita Tani (KWT) Merica yang diadakan di salah satu rumah Ibu PKK, di Jalan Rintis, Selatpanjang Timur, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti pada tanggal 13 Agustus 2021. 

Kegiatan sosialisasi ini disampaikan oleh salah satu Mahasiswa KUKERTA dan didampingi oleh Bu Nursita, selaku perwakilan Ibu PKK.

Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk menambah pengetahuan Ibu-Ibu PKK KWT Merica, bahwasanya Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dapat dijadikan sebagai upaya kesehatan, seperti upaya pencegahan, upaya menjaga kesehatan, dan upaya penyembuhan penyakit. Tidak hanya itu, TOGA juga dapat dijadikan sebagai penanggulangan pertama saat terserang penyakit dan keadaan yang mendesak.

"Tanaman-tanaman yang tumbuh di sekitar rumah, nampaknya hanya sebagai hiasan rumah, terkadang juga memiliki khasiat untuk kesehatan tanpa sepengetahuan kita, salah satunya adalah kumis kucing," ungkap Bu Nursita selaku perwakilan dari Ibu PKK pada tanggal 13 Agustus 2021.

Kegiatan Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) berjalan dengan baik. Di mana, Ibu-Ibu PKK sangat antusias dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Pada akhir kegiatan, Mahasiswa KUKERTA diajak oleh Ibu-Ibu PKK KWT Merica berkunjung dan melihat beberapa tanaman yang sudah di tanam oleh ibu-ibu PKK KWT Merica, seperti tanaman cabai, terung, daun seledri, kacang panjang, pare, dan sawi. 

Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Dan kami dari mahasiswa KUKERTA sangat berharap dengan sosialiasi yang diadakan dapat bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Keseluruhan kegiatan sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA), hingga kunjungan ke lahan milik ibu-ibu PKK KWT Merica  yang dilakukan oleh mahasiswa KUKERTA Universitas Riau di Kelurahan Selatpanjang Timur, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2021 di bawah bimbingan Bapak Baskoro Wicaksono, S.IP, M.IP, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar