Wabup Rohil Sebut Program Pansimas Adalah Komitmen Pemerintah

ROKAN HILIR (Riaubernas} - Wakil Bupati Rokan Hilir (Wabup Rohil), H Sulaiman SS MH meresmikan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) 5 Kepenghuluan di Kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira) TA 2021.

Kegiatan itu dilaksanakan di Paket F Kepenghuluan Harapan Makmur Selatan Kecamatan Basira Rokan Hilir, Kamis (12/08/21) sekira pukul 14.00 wib.

Adapun kelima kepenghuluan tersebut Kepenghuluan Harapan Makmur, Kepenghuluan Harapan Makmur Selatan, Kepenghuluan Bagan Sinembah,  Kepenghuluan Salak dan Kepenghuluan Bagan Sinembah Barat.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, wakil ketua DPRD Rohil Hamzah, Camat Basira Drs HM Yusuf Msi, Kadis Perkim Rohil diwakili Budi Mulya, Provinsi Koordinator PAMSIMAS Irwan S.Sos MSI, OPD Rohil, para penghulu dan masyarakat Harapan Makmur Selatan.

Pada kesempatan itu, H.Sulaiman mengatakan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir bekerja keras dan berkomitmen dalam upaya meningkatkan akses air minum dan sanitasi layak untuk semua lapisan masyarakat.

Hal ini,katanya dilakukan melalui kolaborasi  berbagai mode pembiayaan, baik melalui dana APBN (Program Pamsimas), Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun APBD kabupaten Rokan Hilir dan bahkan dana iuran masyarakat dan dari APBDes.

"Kebutuhan air minum dan tersedianya sarana sanitasi merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat, maka pemenuhannya sudah tentu menjadi sebuah keharusan,

Dengan diresmikan sarana air minum dan sanitasi ini, menjadi anugerah dan bukti nyata keseriusan Pemerintah dalam membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi bagi masyarakat, dengan harapan fasilitas yang sudah dibangun dapat bermanfaat bagi masyarakat dan tetap dijaga serta dikelola dengan baik,"tutur Sulaiman.

Oleh karenanya, Sulaiman menginginkan masyarakat menjaga dan memanfaatkan sebaik- baiknya program PAMSIMAS akan menjadi percontohan bagi daerah yang lain

"Mudah-mudahan dengan sukses program PAMSIMAS kedepan bisa di anggarkan kembali oleh pemerintah pusat," tandasnya.

Sebelumnya, Camat Basira Drs HM Yusuf juga menyampaikan diBasira saat ini mendapatkan program PAMSIMAS di 5 Kepenghuluan Salak, Bagan Sinembah Barat, Bagan Sinembah, Harapan Makmur dan Harapan Makmur Selatan.

"Dengan adanya Program PAMSIMAS ini tentunya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih warga," harap camat.

Diakui Camat daerah yang mendapat PAMSIMAS ini mayoritas daerah berbukit jika dilakukan pengeboran sumur bor harga bisa mencapai 12 juta per sumur, namun dengan adanya program ini dapat terbantu menikmati air bersih.

"Terima kasih kepada pemerintah pusat sudah memberikan bantuan program PAMSIMAS ini dan semoga bisa berfungsi sebagaimana mestinya," ucap Camat Yusuf.

Kemudian, Wakil Bupati H Sulaiman meresmikan PAMSIMAS di Kepenghuluan Harapan makmur selatan itu  ditandai pengguntingan pita serta mengecek langsung ke rumah warga saluran air  mengalir tampak cukup deras menandakan debit air yang cukup (Syofyan Rambah)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar