Antisipasi Karhutla, Sertu Afrisal Lakukan Patroli di Pangkalan Pisang

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Pangkalan Pisang Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Sertu Afrisal melakukan patroli karhutla di lokasi yang dinilai rawan terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kampung Pangkalan Pisang Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak.

Saat patroli dan menyisir hutan dan lahan bersama masyarakat, tidak menemukan titik api. "Artinya Kampung Pangkalan Pisang nihil dari titik api," kata Sertu Afrisal kepada Riau Bernas, Sabtu (10/7/2021).

Sertu Afrisal juga meminta masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena berdampak pada kerusakan hutan dan menyebabkan polusi udara. "Jangan coba-coba membakar hutan dan lahan, kalau terbukti akan dipidana," tegas dia. 

Pelaku pembakaran hutan dan lahan akan dipenjara selama 10 tahun. "Kita tidak ingin masyarakat dipenjara, mohon bersama sama kita menjaga hutan dan lahan ini, sebab apabila hutan dan lahan terbakar, maka akan merusak Ekosistem hutan dan menyebabkan polusi udara," jelas dia. 

Perihal penyisiran dan patroli Karhutla, Ia mendapat respon positif dari masyarakat. Dengan adanya patroli Karhutla bersama Babinsa dan masyarakat, itu sangat membantu memberi pemahaman kepada masyarakat, sehingga bisa mencegah kebakaran lahan dan hutan di Kampung Pangkalan Pisang yang dicintai," tandasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar