Terjaring Tidak Gunakan Masker, 4 Warga Buat Pernyataan

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Personil Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Sertu TH Hutagalung menjaring 4 warga tidak mengunakan masker saat melaksanakan Patroli Gabungan dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Skala Mikro di empat lokasi di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Ke empat lokasi itu adalah Pasar Tuah Serumpun KM 4 Perawang, BRI Cabang KM 04 Jalan Perawang-Minas, Pertokoan Kain KM 04 Jalan Perawang-Minas, Indomaret KM 05 jalan Perawang-Minas. Ke empat lokasi ini merupakan tempat keramaian yang dinilai rawan terhadap penularan Covid-19. 

Dalam melaksanakan Patroli, Sertu TH Hutagalung bersama Tim Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kecamatan Tualang berhasil menjaring 4 orang warga tidak menggunakan masker. Yaitu Ahmad Basir (47), Riko (17), Anita (25) dan Tiur br nababan (43). "Mereka dihukum mengutip sampah dan membuat surat pernyataan agar mereka jera," kata Sertu TH Hutagalung kepada Riau Bernas, Rabu (23/6/2021).

Kalau tetap juga membandel dan ngotot tetap tidak menggunakan masker, maka akan didenda sebesar Rp 200.000 sesuai Perda No 04 tahun 2020.

Sertu TH Hutagalung menyarankan, bagi warga Kecamatan Tualang untuk dirumah saja, karena berdampak pada penyebaran virus Covid-19 di Kota Istana. "Kita sampaikan kepada masyarakat, kalau tidak ada urusan penting diluar lebih bagus dirumah saja, karena sangat rentan dengan penyebaran virus Covid-19 pada diri sendiri dan keluarga," kata dia. 

Ia mengingatkan kepada masyarakat agar senantiasa mengikuti Protokol Kesehatan dimana pun berada, seperti penggunaan masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, dan tidak berkerumunan. 

"Jangan kontak langsung seperti berjabat tangan, berpelukan dengan siapapun di luar rumah, karena dinilai rawan dengan penyebaran virus Covid-19. Mari sama sama kita putus mata rantai penularan Covid-19 dengan mengikuti Protokol Kesehatan," tambahnya. 

Bagi pemilik usaha di Kecamatan Tualang agar dapat menutup usahanya pada jam sembilan malam, jangan sampai berkerumunan, kalau dapat beli makanan dibungkus saja. 

Apabila mengalami gejela demam, batuk dan pilek atau gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, letih atau lesu, segera periksakan diri ke dokter. "Lebih penting, bagus dirumah saja jangan keluar rumah, karena saat ini rawan dengan Penularan Covid-19," tutupnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar