Ini 6 Program Puskesmas Bangko Rohil

Kepala Puskesmas Bagansiapiapi, Bangko, Dr Erwinto

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bagansiapiapi, Bangko Rohil saat ini masih fokus dengan enam Program dari Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hilir sesuai dengan kebutuhan yang diajukan oleh puskesmas masing-masing. Enam Kegiatan itu dijalankan sesuai dengan kebutuhan dan memenuhi pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Puskesmas Bagansiapiapi, Bangko, Dr Erwinto, Rabu (24/2/2016). Menurutnya, guna menunjang enam program tersebut maka pihaknya berupaya menyebarkan kegiatan sesuai dengan kebutuhan puskesmas sendiri.

"Dimana untuk menjabarkan kegiatan itu, setiap puskesmas memiliki program masing-masing sesuai dengan kebutuhan yang diajukan ke Dinas Kesehatan," katanya.

Ia menjelaskan, untuk Puskesmas Bagansiapiapi sendiri telah mengajukan enam program pokok pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dan itu telah ditetapkan oleh Dinkes Rohil. Di tahun ini, enam program yang masih dijalankan itu yaitu promosi kesehatan (Promkes), pernyataan lingkungan, meningkatkan kesehatan ibu dan anak (KB), upaya memperbaiki gizi masyarakat, pencegahan dan pemberantasan penyakit yang menular.

"Dari enam program itu, kita akan mengutamakan program Promkes," katanya.

Menurutnya, promkes harus diutamakan dengan cara memberikan pemahaman dan penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di tengah keluarga dan masyarakat.

"Soalnya, penyakit itu datang bersumber dari prilaku kita sendiri. Misalnya DBD, Diare, dan penyakit lainnya," katanya. (adv/hms/ar)



Editor    : Ai
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar