Jalan Rusak Berat, Mobil Perusahaan PT PAS dan PT Inecda Dihadang Warga Pematang Jaya

INHU, RIAUBERNAS.COM - Puluhan Warga Desa Pematang Jaya Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau, padati jalan poros Desa untuk menghadang mobil perusahaan karena kesal dan Kecewa, jalan rusak berat akibat dua perusahaan yaitu PT. Persada Agro Sawita (PAS) dan PT. Inecda Plantation.

Aksi tersebut berlangsung sejak pukul 9.00 Wib, Rabu (28/4/2021), sehingga puluhan mobil berat tidak bisa masuk ke perusahaan dihadang warga Desa Pematang Jaya. Masyarakat ingin jalan poros di perbaiki, karena selama ini tidak ada perawatan jalan dari pihak perusahaan hingga jalan rusak berat.

PT. Inecda melewati jalan Poros Desa kota Lama, Desa Pematang Jaya, Desa Bukit Petaling serta Desa Tani Makmur. Sedangkan keberadaan PT. PAS sendiri beroperasi di Wilayah Desa Pematang Jaya dan melewati dua Desa.

"Aksi ini kami buat karena jalan sudah  rusak parah akibat mobil perusahaan tanpa mereka memikirkan badan jalan yang rusak. Mobil melintas dengan tonase berlebihan, sedangkan perusahaan tidak mau tau dengan kondisi jalan di desa pematang jaya, jangan anggap jalan poros desa seperti jalan perusahan saja," ungkap Ketua Karang Taruna, Dedi Purnomo.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Desa Pematang Jaya, Swoto, kayaknya diributkan dulu perusahaan baru ada memperbaiki jalan. Coba bisa dilihat sendiri bagaimana kondisi jalan saat ini dan lihat mobil-mobil yang melintas.

"Kayaknya ribut dulu baru diperbaiki jalanya, sebenarnya sudah lama kayak gini. Kalau jalan ini milik pemda bukan jalan perusahaan," ungkap Kades, kepada awak media.

Masih kata kades, dengan aksi ini atas perundingan bersama perusahaan dan di mediasi pihak Polsek Rengat Barat, dua perusahaan berjanji akan memperbaiki jalan. "Tadi sudah berunding dan perusahaan ingin memperbaiki jalan. Namun sementara hari ini menimbun badan jalan yang rusak parah dan selanjutnya akan di buat perjanjian," tutup Kades.

Nasib Sinaga, KTU perusahaan PT. PAS mengatakan, dalam perundingan hari ini perusahaan akan perbaiki jalan. "Alat dari PT. PAS, sedangkan material sebanyak 5 mobil Coul Disel dari PT. Inecda," kata Nasib Sinaga di depan Warga dan Kapolsek Rengat Barat. (Pt) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar