Kasus Covid-19 Terus Melejit di Siak, Terbanyak di Tualang

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Siak terus melejit, tercatat pada hari Minggu (18/4/2021) ada penambahan 7 kasus positif baru di Kota Istana. Namun ada kabar baiknya, 28 Pasien Covid-19 dinyatakan sembuh, 56 lagi masih menunggu sampel.

"Total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Siak sudah mencapai 2826 Konfirmasi. 145 dirawat, 2524 sehat dan sudah dipulangkan, Isolasi Mandiri 85 dan 74 orang meninggal dunia," kata Juru bicara Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak Budhi Yuwono kepada Riau Bernas, Minggu (18/4/2021).

Penyebab kasus Covid-19 terus melejit di Kota Istana, dikarenakan kesadaran masyarakat dalam mematuhi Protokol Kesehatan masih minim.

"Padahal Satgas Covid-19 Kabupaten Siak tiap hari melakukan operasi yustisi penegakan hukum disiplin Protokol Kesehatan, namun masih banyak juga terjaring. Kita ingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan dimanapun berada," tambah Budhi. 

Berdasarkan jumlah kasus  Covid-19 terbanyak berada di Kecamatan Tualang sebanyak 1133 kasus, peringkat kedua Kecamatan Siak 436 kasus, peringkat ketiga Kecamatan Dayun. Saat ini Kecamatan se Kabupaten Siak rata-rata sudah ada kasus Covid-19.

Budhi menegaskan, untuk menekan penyebaran Covid-19, Pemkab Siak meminta kepada setiap kampung  menjalankan instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 07 Tahun 2021, tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro, dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di tingkat kampung atau kelurahan.
 
"Kita sudah meminta kepada seluruh Camat untuk menyampaikan imbauan Menteri kepada seluruh Penghulu, agar segera menjalankan amanah tersebut hingga ketingkat RT," tambah dia.

Dia mengingatkan, Jangan anggap sepele lagi, mohon kesadaran masyarakat untuk mengikuti Protokol Kesehatan, terkait masih ada masyarakat tidak percaya dengan virus Covid-19, itu salah. Sudah 74 orang meninggal selama Covid-19 menyerang Siak. (Adv/Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar