Sambut Ramadhan, Bersamo Ziarahi Kubur

Ziarah kubur besamo masyarakat Desa Kuala Panduk sebelum memasuki bulan suci Ramadhan

TELUK MERANTI (Riaubernas) - Kebahagian datangnya bulan suci Ramadhan disambut bahagian oleh umat muslim di seluruh negeri, pun begitu dengan masyarakat di Dusun Kampong Tengah Desa Kuala Panduk Kecamatan Teluk Meranti. Sebelum memasuki bulan puasa, terlebih dahulu dilakukan tradisi ziarah kubur besamo.

Ziarah kubur kerabat yabg telah lebih dulu meninggal dunia bukan hanya dilakukan oleh warga yang tinggal di Kampung Tengah saja, melainkan juga sanak famili di perantauan, di Pangkalan Kerinci, Pekanbaru maupun daerah lainnya akan pulang kampung, ramai ramah ke pemakaman untuk ziarah bersama.

Senarai Ziarah kubur besamo itu, seluruh warga membawa perlengkapan membersihkan makam seperti cangkul, parang dan peralatan lainnya. 

Menurut Ketua LAM Pesisir H Tengku Nahar SP. M.Si mengatakan di tradisi Ziarahi Kubur masyarakat di Desa Kuala Panduk menjadi ajang silaturahmi, saling bermaaf maafan sebelum menunaikan ibadah puasa nanti.

"Ziarah kubur juga jadi wadah silaturahmi, berkumpul bersama kerabat yang pualang kampung dari perantauan, bersama sama membawa nasi dan lauk pauk dari rumah, makan bersama dengan saling bertukar lauk, kebersamaan antar warga sangat terasa" kata Tengku Nahar, Sabtu (10/4/2021)

Masih menurut Tengku Nahar, prosesi ziarah kubur di mulai dari ceramah agama oleh ustad, dilanjutkan shalat Zuhur berjamaah, kemudian makan bersama.

Usai membersih kan makam keluarga, acara di tutup dengan pembacaan surat Yassin dan pembacaan doa.

"Mengingat tinggi nya nilai nilai yang terkandung dalam kegiatan tersebut, semoga tradisi ziarah kubur bersama ini dapat kita pelihara bersama, rutinitas setiap tahun sebelum memasuki bulan suci Ramadhan,"pungkas Tengku Nahar (Tengku Toni)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar