Dinilai Rawan Karhutla, Serda Purnomo Cek Kebun Warga

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Dinilai rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Rantau Panjang Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Serda Purnomo mengecek kebun sawit warga Kampung Rantau Panjang yang dinilai rawan Karhutla.

Pengecekan yang di lakukan oleh Babinsa, perwakilan masyarakat peduli api sebanyak 3 orang  itu sebagai langkah antisipasi Karhutla di Kampung Rantau Panjang Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak. "Kita ingatkan kepada masyarakat terutama yang memiliki kebun sawit dan lahan lainnya, jangan membersihkan secara membakar, karena berdampak pada kesehatan dan merusak ekosistem hutan," jelas Serda Purnomo kepada Riau Bernas, Kamis (18/3/2021).

Pada kesempatan itu juga, Serda Purnomo melaksanakan pengecekan parit dan embung Penampungan air. "Pengecekan itu dilakukan sebagai antisipasi dan cepat tanggap, apabila terjadi Karhutla, sehingga secepatnya di padamkan," jelas dia. 

Serda Purnomo mengimbauan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mencegah terjadinya karhutla dengan tidak membakar sampah kebun, seperti tumpukan pelepah, tangkos maupun rumput kering. "Mari dipahami bersama, apabila terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan siap-siap di pidana," pungkasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar