Kembangkan Budidaya Trigona, Babinsa Pulau Manak Mendapat Apresiasi dari Dandim

KAPUAS HULU - Ide kreatif dari Babinsa Pulau Manak Koramil 1206-05/Embaloh Hulu, Serda Asi ini patut ditiru. Untuk memenuhi suplemen dan menjaga stamina tubuh agar tetap bugar serta menambah penghasilan keluarga, Serda Asi membudidayakan lebah kelulut atau Trigona untuk menghasilkan madu di mess Makoramil 1206-05/Embaloh Hulu.

Upaya positif dari Babinsa Pulau Manak ini mendapat apresiasi langsung dari Dandim 1206/Putussibau, Letkol Inf Basyaruddin, S.S, saat menyambangi lokasi budidaya lebah kelulut milik Serda Asi.

Serda Asi mengatakan, dirinya menggeluti pengembangan ternak lebah kelulut jenis trigona ini lebih kurang sudah berjalan selama 2 tahun. Dimana, madu dari lebah kelulut jenis Trigona inj sangat bermanfaat untuk kesehatan karena banyak kandungan vitamin, mineral, dan enzim, sebagai suplemen dan dapat menghasilkan pendapatan tambahan untuk keluarga. 

"Beternak madu kelulut tidak susah, namun butuh kesabaran menunggu panen cukup lama, karena dalam satu kandang (satu kotak terbuat dari papan) sekali panen bisa menunggu waktu satu tahun. Dan hasilnya lebih kurang satu botol, maksimal tiga botol," ujar Serda Asi saat menjelaskan kepada Dandim, Jum'at (30/10/2020).

Lanjutnya mengatakan, sedangkan kualitas panen tergantung alam, kalau cuaca bagus, bunga tumbuhan bisa bersemi dengan bagus, maka lebah kelulut akan menghasilkan madu cukup banyak. Begitu juga kalau pohon-pohon tidak bisa berbunga dengan bagus maka berpengaruh juga ke produksi madu kelulut.

Serda Asi menyampaikan, untuk pemasaran, biasanya dirinya dan  masyarakat di desa binaan akan panen sebelum pelaksanaan Festival Danau Sentarum pada pertengahan atau akhir tahun yang rutin dilaksanakan setiap tahun belakangan ini. Namun karena pandemi wabah covid-19 sampai bulan Oktober belum ada kepastian tentang pelaksanaan festival.

"Biasanya pada saat Festival Danau Sentarum semua stok madu kelulut habis. Kalau pesanan penduduk lokal sangat terbatas, karena harga cukup tinggi jika dibandingkan dengan madu hutan, bisa dua kali lipat lebih," ungkap Asi.

Dandim 1206/Psb, Letkol Inf Basyaruddin, S.S, menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasihnya kepada Serda Asi, yang telah kreatif dengan edukasinya membudidayakan lebah kelulut ini di Desa Pulau Manak yang bekerjasama dengan kelompok tani binaannya.

"Hendaknya dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, serta ditularkan budidaya lebah ini kepada masyarakat di desa binaan, sehingga dapat mewujudkan lapangan pekerjaan baru dan mendukung perekonomian masyarakat umumnya diwilayah Kecamatan Embaloh Hulu," harap Letkol Inf Basyaruddin, S.S. 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar