Tenaga Medis Masuk PDP, PDP Siak sudah Capai 17 Orang

Bupati Siak Drs. Alfedri, M.Si.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Kasus Covid-19 di Kabupaten Siak terus bertambah. Hari ini, Senin (20/4/2020) jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 2.587 orang, dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) 17 Orang.

Salah satu PDP di Kabupaten Siak merupakan tim medis yang bekerja sebagai perawat yang menangani pasien PDP lainnya di Rumah Sakit Tengku Rafian, Kabupaten Siak.

"Iya benar, salah seorang perawat kita sekarang PDP. Sebelumnya ia menangani PDP selama lima hari di rumah sakit. Setelah itu dirinya mengalami batuk dan meriang," sebut Direktur RSUD Tengku Rafian Siak, dr Benny Chairuddin.

Disampaikannya, hingga hari ini, dari jumlah PDP sebanyak 17 orang di Kabupaten Siak itu, 3 orang diantaranya meninggal dunia dan telah sembuh 5 orang. 

"9 orang PDP saat ini masih di rawat. 3 orang PDP meninggal Dunia, 5 orang PDP lainnya dinyatakan sembuh," terangnya.

Sementara itu, ODP Covid 19 di Kabupaten Siak yang telah mencapai 2.587 itu, 39 orang diantaranya tidak memiliki gejala Covid 19, 1142 orang sedang dalam proses Pemantauan, dan 1406 orang telah selesai melewati masa pemantauan.

Kendati jumlah ODP dan PDP Covid 19 semakin meningkat, Pemkab Siak telah menyiapkan 328 ruangan isolasi.

Ruangan isolasi itu diantaranya 24 ruangan di RSUD Siak, 10 ruangan di Rumah Sakit Type D Minas, 4 ruangan di Rumah Sakit Type D Tualang, dan 50 ruangan Cadangan di Asrama Haji Siak, 30 ruangan di Balai Latihan Kerja (BLK) Siak, 10 ruangan di PT. Ivomas Kandis, serta 200 ruangan isolasi di PT. IKPP Perawang.

"Kita telah minyiapkan 324 ruangan isolasi. Mudah-mudahan ruangan-ruangan ini dapat digunakan dengan maksimal hingga wabah ini benar-benar tidak ada lagi," sebut Bupati Siak Alfedri.

Orang nomor satu di Kabupaten Siak itu meminta kepada seluruh masyarakat, agar dapat mematuhi protokol kesehatan, menjaga kebersihan, dan tidak berkumpul-kumpul di luar rumah.

"Tetap jaga kesehatan, selalu kenakan masker, seringlah mencuci tangan dengan sabun dan hindari tempat-tempat kerumunan orang. Mudah-mudahan wabah Covid 19 ini segera berakhir," pungkasnya. (Adv/Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar