Buka Stand Bazar MTQ Kecamatan Sungai Mandau

Rasidah: Tak Hanya Berkualitas, Kemasan Produk UMKM Juga Harus Menarik

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Sebanyak 12 Stand Bazar turut memeriahkan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke X Tingkat Kecamatan Sungai Mandau, yang dilaksanakan di Kampung Tasik Betung. Diantara stand tersebut diisi oleh Pemerintah Kampung se-Kecamatan Sungai Mandau, Korwil Pendidikan, Perusahaan, dan instansi lain.

Dalam kesempatan itu, peserta Bazar memamerkan dan menjual berbagai produk unggulan ciri khas dari masing-masing kampung, diantaranya makanan ringan, kue tradisional, produk kerajinan tangan, buah-buahan, hasil pertanian, dan lain sebagainya. 

Tidak terkecuali stand bazar Kampung Muara Kelantan yang menampilkan hasil karya ibu-ibu UP2K dan warga, berupa produk tas dan sepatu rajutan, makanan khas, serta beragam hasil pemanfaatan lahan pekarangan rumah dan perpustakaan kampung. 

Stand Bazar dan pameran yang dilaksanakan tersebut, dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Perempuan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Siak, Rasidah Alfedri, Kamis (5/3/2020) kemarin. 

"Sungai Mandau ini sudah dikenal dengan kemasan makanan yang bagus dan bersih," ucap Rasidah saat ditemui di salah satu stand bazar. 

Artinya, kata dia, masyarakat Sungai Mandau sudah paham bagaimana cara memasarkan produk-produk usahanya. 

"Sekarang ini konsumen tidak hanya melihat kualitas produknya saja, tapi juga dari kemasan yang membungkusnya," sambung Rasidah. 

Karena itu, lanjut dia, kemasan produk harus diupayakan cantik dan menarik, disertai dengan informasi masa berlaku, label halal, BPOM, dan lain sebagainya. 

Di lain pihak, Penghulu Kampung Bencah Umbai, Supriadi menuturkan, salah satu produk unggulan dari Kampungnya adalah jeruk nipis. Meski baru tahap uji coba, tapi ia yakin jeruk nipis punya potensi besar. 

"Ini milik salah satu warga kami dan hasil panen buah perdana dihasilkan sebanyak 200 kg, yang telah dibeli orang dari Perawang," terangnya. 

Ia juga menyebutkan, masyarakat juga sangat antusias untuk menanam jeruk nipis tersebut, namun saat ini masih terkendala ketersediaan lahan. (van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar