Imlek, Momentum Silaturahmi Warga Tionghoa dan Msyarakat Riau

Perayaan Tahun Baru Imlek 2571, di Hotel Furaya Pekanbaru

PEKANBARU (Riaubernas) -  "Perayaan Imlek merupakan suatu momen untuk menjalin tali silaturrahmi antara masyarakat Tionghoa dengan seluruh masyarakat yang ada di Riau,"

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Raja Yoserizal Zen dalam sambutannya saat mewakili Gubernur Riau Syamsuar di perayaan tahun Imlek 2571, Selasa (28/1) di Hotel Furaya Pekanbaru.

Dilanjutkkanya, di perayaan Imlek menjadi momentum bagi masyrakat untuk menciptakan harmoni dalam budaya dan agama.

"Momen Imlek ini juga dapat menjadikan seluruh unsur masyarakat menjalani kehidupan yang harmonis, baik dalam berbudaya maupun dalam beragama," ujar Yoserizal

 

Perayaan tahun baru imlek tidak hanya merupakan kegiatan keagamaan saja, akan tetapi sarat akan nilai budaya dan seni yang hanya dapat disaksikan pada kegiatan Imlek, sehingga membuat masyarakat luas mengetahui kebudayaan khas masyarakat Tionghoa.

 

Untuk itu, Raja Yoserizal Zen yang juga sebagai Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Riau mengharapkan supaya kebudayaan masyarakat Tionghoa ini dapat dipelihara dengan baik. Agar dapat  memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan diantara sesama, khususnya dalam lingkungan masyarakat Riau.

 

Yoserizalengharapkan agar msyarakt Tionghoa dapat bersatu untuk tumbuh secara bersama-sama dalam kerangka daerah. Sebab itu, dan juga harus berpikir secara nasional dengan berpijak kepada nilai-nilai kedaerahan yakni kebudayaan. "Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung,"sebutnya.

 

Sementara Ketua Panitia Perayaan Imlek, Anton mengatakan, walaupun berbeda budaya dan agama, hendaknya masyarakat Kota Pekanbaru dan Riau tetap bersatu.
"Kami menetapkan tema perayaan serangkaian kegiatan Tahun Baru Imlek 2571 yaitu bersatu teguh, Indonesia tangguh. Inilah nilai yang tersirat dalam Pancasila khususnya sila ke 3 yaitu Persatuan Indonesia,"katanya. (mcr)

Editor : Apon


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar