Musrenbangkam PSB Tahun 2021 Masih Memprioritaskan Pembangunan

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Pemerintah Kampung Pinang Sebatang Barat (PSB) melaksanakan Musyawarah rencana pembangunan Kampung (Musrenbangkam) tahun 2021 di aula Kampung Pinang Sebatang Barat, Selasa (14/1/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.

Dalam sambutannya, Penghulu Kampung Pinang Sebatang Barat, Herman, mengakui bahwa disaat Pramusrenbang tingkat Kadus, masyarakat masih banyak mengusulkan bidang pembangunan, sementara bidang pemberdayaan masih sedikit.

"Seharusnya seimbang, usulan pembangunan dan pemberdayaan, ini catatan yang perlu dipertimbangkan, sesuai yang diharapkan itu harus seimbang dalam pembangunan dan pemberdayaan," jelas Herman, saat mengekspos kegiatan di hadapan Camat Tualang Zalik Efendi, S.Sos dan masyarakat yang hadir.

Dijelaskan Herman, pemberdayaan masyarakat sangat diperlukan oleh masyarakat, karena bisa meningkatkan ekonomi dan taraf hidup masyarakat khususnya Kampung Pinang Sebatang Barat

"Musrenbangkam untuk tahun 2021 diawali dengan pramusrenbangkam ditingkat Kadus, tujuan itu mengajak masyarakat untuk mengusulkan, apapun kegiatan berasal dari bawah, masyarakat bisa berpartisipasi dalam membangun kampung, usulan yang disampaikan masyarakat tentunya memiliki asas manfaat," tandasnya.

Camat Tualang Zalik Efendi, S.Sos mengatakan, musrenbangkam PSB memasuki tahap ketiga di Kampung se Kecamatan Tualang.

"Level Musrenbang sudah dilaksanakan tingkat bawah, habis itu, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi, ini rentetan usulan yang menjadi usulan masyarakat. Tentu usulan ini tidak dicaver semua, maka dari itu Penghulu bersama tim membuat skala prioritas untuk pembangunan masyarakat yang akan dibangun," jelas Camat Tualang Zalik Efendi menyampaikan.

Sumber dana ada dua, lanjut Camat, dari APBN Pusat dan Kabupaten, dengan dana sudah ditetapkan, ini tugas Penghulu untuk mencari pembangunan yang menjadi skala prioritas.

Camat menekankan kepada penghulu untuk berperan aktif mencari dana, baik dari bantuan CSR perusahaan serta perlu swadaya masyarakat untuk membangun.

"Ini jarang terjadi, hanya beberapa kampung yang masyarakatnya ikut membantu membiayai pembangunan dikampung itu. Selanjutnya saya meminta kepada masyarakat agar berkoordinasi dengan Anggota Dewan agar menjemput Dana aspirasi untuk pembangunan, karena sangat banyak disana dana aspirasi Dewan untuk pembangunan," jelasnya. (Van)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar