Tujuh Petak Ruko di Jalan Pemda Ludes Terbakar

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Tujuh petak rumah toko (ruko) yang terletak di Jalan Pemda Pangkalan Kerinci ludes di lalap sijago merah. Kejadian kebakaran yang menghanguskan tujuh petak ruko tersebut terjadi pada   Kamis (17/10/2019) sekira pukulo o5.30 Wib tadi pagi.

Tak ada yang tersisa dari ke tujuh ruko tersebut, kecuali hanya menyisakan puing-puing benda yang hangus terbakar. Dari saksi mata yang melihat peristiwa ini, api diduga berasal dari bagian belakang ruko nomor tiga yang tak berpenghuni karena sedang dilakukan rehab oleh penyewanya.

Asal api pertama kali terlihat oleh tetangga yang berada di seberang ruko tersebut, kemudian ia berusaha untuk membangunkan para penyewa ruko yang berada di sebelah ruko yang diduga awal sumber api. Namun beberapa kali mencoba membangunkan, penyewa ruko yang menjual parfum tidak bangun juga, setelah api mulai membesar baru para penyewa tujuh ruko itu berlarian keluar.

"Api cepat sekali membesar sehingga kami tidak bisa menyelamatkan barang-barang, hanya sebagian kecil saja yang bisa di selamatkan," terangnya kepada media ini. menghanguskan tujuh ruko," katanya kepada media ini.

Salah satu penyewa ruko yang terbakar yang juga seorang wartawan media Pekanbaru MX, M. Said menjelaskan, bahwa dirinya hanya bisa menyelamatkan keluarga serta dua harta bendanya, yakni motor dan mobil. Sementara seluruh barang-barang lainnya termasuk dokumen dan lain-lain ikut hangus terbakar.

"Keadaannya panik Kang, yang saya ingat pertama hanya menyelamatkan keluarga (istri dan anak-anak) dan kendaraan, karena saat itu api cepat membesar, saya pun tidak berani lagi untuk masuk ke ruko menyelamatkan barang-barang," ujarnya.

Api berhasil di padamkan setelah satu jam kemudian. Berkat kesigapan pemadam kebakaran dari Pemkab dengan tiga unit mobil pemadam kabakaran api berhasil di jinakkan, dan tidak sempat menjalar ke rumah warga yang lain. Karena lokasi yang terbakar dekat dengan rumah penduduk.

Dalam upaya pemadaman, Damkar Pemkab Pelalawan juga dibantu satu unit mobil pemadam kebakaran dari perusahaan PT RAPP, yang begitu di telpon langsung sigap turun ke lokasi terjadinya kebakaran. Tapi sayang, begitu sampai di lokasi mobil damkar dari RAPP tidak bisa berbuat apa-apa karena mengalami kerusakan pumpa sehingga air tidak keluar.  

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, sementara kerugian meteril yang dialami para penghuni ruko bekum bisa ditaksir. Bahkan personil dari Polres Pelalawan dan Polsek Pangkalan Kerinci yang di pimpin langsung oleh Kapolsek AKP Novaldi turun ke lokasi untuk melakukan penyelidikan sebab-sebab terjadinya musibah kebakaran dan melakukan Line Police. (ndy)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar