Antisipasi Tingginya Penderita Kanker, Nevi Sigit: Deteksi Dini Melalui Tes IVA Dan SADANIS


ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Dalam upaya mengantisipasi tingginya penderita penyakit kanker, Cabang Bhayangkari Polres Rokan Hilir mengelar penyuluhan deteksi dini penyakit kanker melalui tes IVA dan SADANIS.

Kegiatan penyuluhan dalam rangka hari kesatuan gerakan Bhayangkari ke -67 tahun 2019, dilaksanakan di Mapolres Rokan Hilir, Kamis (15/8/2019).

Ketua Cabang Bhayangkari Polres Rokan Hilir, Ny Nevi Sigit menyampaikan, penyuluhan ini dilaksanakan sebagai bentuk kecintaan kita terhadap kesehatan, dan harus diatur dan diantisipasi sejak dini.

"Dengan demikian, tidak ada kata yang terlambat mengobati suatu penyakit yang kita alami. Saya mengharapkan kepada pengurus dan anggota Bhayangkari Cabang Rokan Hilir dapat melakukan tes melalui IVA dan SADANIS, dengan pola yang baik dan sempurna sesuai ketentuan", himbaunya.

Sementara itu, team penyuluhan medis Puskesmas Sedinginan Tanah Putih yang diwakili oleh dr. Meliana mengatakan, pemeriksaan sangat perlu dilakukan guna mendeteksi kesehatan sejak dini.

Dia menerangkan, pemeriksaan kelamin perempuan melalui tes IVA. Sedangkan pemeriksaan payudara melalui tes Sadanis. Hal tersebut guna menghidari penyakit kanker dan penyakit lain yang diderita oleh seseorang.

"Penyakit sejenis kanker cukup tinggi menyebabkan suatu kematian ibu rumah tangga, dengan demikian lebih baik pola pencegahan dari pada pengobatan", terangnya.

Selanjutnya, Papar Meliana, penyakit kanker juga disebabkan perkawinan sejak dini (bawah umur). Selain itu pengaruh sex berganti-ganti pasangan, mentrasi yang tidak normal, dan pengaruh dari pasangan merokok. "Inilah salah satu penyebab yang dapat menimbulkan penyakit kanker", tutup Meliana. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar