Dengan Alat Seadanya, Film Pendek Anak Siak Berhasil Peroleh Like Terbanyak Dan Berangkat Ke Jakarta

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Berkat kerja keras walaupun hanya menggunakan alat seadanya, Reccom Official Grup anak Siak, berhasil mendapatkan Like terbanyak dalam lomba Gramedia Short Film Festival 2019. Mereka (Reccom Official) dengan judul film Abiah Gunda, berhasil menjadi Top 10 Finalis Gramedia Short Film Festival 2019, dan akan diberangkatkan ke Jakarta pada Agustus mendatang.

Recoom Official yang memiliki kru anak sekolah se Kecamatan Tualang, terinfirasi dari kisah percintaan anak muda yang terhalang oleh penyakit berbahaya yaitu Leukemia. Judul Film Abiah adalah nama seorang anak perempuan yang diambil dari bahasa Arab yang artinya hebat, anak tersebut telah melawan penyakitnya hingga 4 tahun dan cintanya berakhir tanpa ada kata perpisahan.

Gunda adalah nama seorang anak laki-laki yang diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia yang artinya sedih, gelisah. Ia terkejut dan merasa sedih karena harus berpisah dengan Abia secepat ini.

Dengan kisah pilu itu, membuat Film Abiah Gunda berhasil menjadi Like terbanyak. Selain itu, ada perjuangan yang menarik yang perlu dibahas. Sebab, kesuksesan film Abiah Gunda ini tidak luput dari kerja keras kru memanfaatkan alat seadanya. Film Abiah Gunda tercipta lantaran melihat iklan di sebuah media sosial.
 
"Kami melihat ada lomba film Gramedia short film festival tingkat nasional, lalu dengan kesepakatan bersama kami ingin ikut dalam lomba dengan peralatan yang sangat minim. Kami memproduksi video tersebut menggunakan kamera HP Android biasa," ujar salah satu pemain Abia Gunda, Reza kepada Riau Bernas.com di Tualang, Senin (29/7/2019).

Reza menjelaskan, untuk penggunaan stabilizer yang kami buat dari sambungan paralon agar membuat tampilan paralon tersebut menjadi elegan, paralon tersebut dicat dengan warna hitam.

Sementara itu, untuk proses pengeditan, digunakan aplikasi Android biasa. Pada tanggal 4 Juni 2019 kami mengupload hasil editing kami untuk diperlombakan.

Demi mencapai sebuah kemenangan, kami mengetuk pintu rumah teman kami satu-persatu untuk membantu like film kami, "Sampai- sampai kami membuat browser dengan memanfaatkan print gratis di rumah teman kami, kami juga promosikan ke cafe-cafe dan tempat wisata yang ada di sekitar daerahnya," cerita Reza dengan nada haru.

Berkat tekad dan usaha kerja keras, pada tanggal 25 Juli 2019 pukul 15.00 WIB, Film Abiah Gunda dinobatkan sebagai pemenang dalam lomba Gramedia Short film festival tingkat nasional.

"Mendengar kabar berita bahwa film Kami menang, kami langsung sujud syukur dan sangat terharu hingga meneteskan air mata dan saling berpelukan. Ini berkat kerja dan perjuangan keras kami," pungkasnya. (Van)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar