Suhu 40 Derajat di Madinah, Jemaah Haji Jangan Sampai Hilang Sandal Saat Shalat di Masjid Nabawi

jamaah shalat di Masjid Nabawi
Loading...

JAKARTA – Di Madinah yang suhunya mencapai lebih dari 40 derajat celcius, jika berjalan dengan kaki telanjang bisa melukai tubuh, sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan jamaah haji.

Setiap tahunnya, jemaah kehilangan ratusan sandal di Masjid Nabawi, hilangnya sandal di Masjid Nabawi bukan hanya lantaran dicuri orang, tapi juga karena jemaah lupa di mana dia meletakkannya.

"Jemaah biasanya lupa menaruh sandalnya di mana. Memang ada tempat penitipan sandal di pintu masuk, tapi jemaah keluar dari pintu lainnya," kata Pelaksana Tugas Kepala Daerah Kerja Madinah, Amin Handoyo seperti dikutip dari Kumparan, Sabtu (6/7).

Amin mengatakan, sebaiknya jemaah memasukkan sandalnya ke plastik lalu membawanya ke dalam masjid. Namun hal ini terkadang jadi masalah. Sandal itu diletakkan di lantai, lalu pemiliknya terdorong safnya ke depan dan lupa tempat alas kakinya berada.

Jika berjalan di lantai marmer pelataran Masjid Nabawi tidak akan jadi masalah berarti. Tapi berbeda kondisi bila jemaah yang kehilangan sandal jalan telanjang kaki hingga ke hotel dengan permukaan aspal panas.

"Lantai marmer telanjang kaki aman, tapi keluar pagar bukan marmer sehingga kakinya melepuh, sangat berbahaya," kata Amin.

Amin mengimbau jemaah tidak pulang telanjang kaki jika sandalnya hilang. Tips dari Amin, jemaah sebaiknya mengalasi kakinya dengan benda apapun sehingga tidak langsung terpapar aspal.

"Kalau bawa sajadah, pakai saja jadi alas. Lalu cari toko beli sandal, jika pakai kaus kaki masih aman," ujar Amin.

Pemondokan jemaah haji Indonesia seluruhnya terletak di Markaziya Ring Road King Faisal yang mengitari Masjid Nabawi. Pemondokan terjauh dari Masjid Nabawi hanya berjarak sekitar 450 meter, sementara terdekat hanya 1 meter, buka pintu langsung pelataran masjid.

Walau dekat dengan Masjid Nabawi, tidak sedikit jemaah yang tersesat. Amin mengatakan, sebelum masuk masjid jemaah harus mengenali posisi hotelnya dengan baik.

"Lalu kenali nomor pintu Masjid Nabawi dan keluar dari pintu yang sama," kata Amin.

Editor : Apon


Loading...

[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar